November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Keuntungan Bisnis Waralaba

By admin - Tue May 29, 5:10 pm

Bisnis waralaba memberikan dampak yang cukup besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Bisnis waralaba bahkan langsung berhasil menyerap lebih dari 1 juta tenaga kerja. Bisnis Waralaba adalah sistem duplikasi kesuksesan bisnis dari franchisor yang notabene telah memiliki usaha yang terbukti sukses, memiliki merek yang cukup terkenal dan memiliki system duplikasi kesuksesan usaha (SOP) kepada entrepreneur (franchise) yang belum mengerti dan paham tentang bisnis. Pendek kata adanya franchise memudahkan orang bagi menjadi entrepreneur dan yang lebih dasyat lagi.

Keuntungan bisnis waralaba

Waralaba disebut sistem keterkaitan usaha vertikal antara pemilik paten yang menciptakan paket teknologi bisnis dengan penerima hak pengelolaan operasional bisnis (franchisee). Jadi sesungguhnya waralaba dapat dikatakan sebagai teknik menjual “Sukses” dari usaha yang sudah berhasil. Bisnis waralaba ditandakan dengan adanya:

  1. Franchisor yang menawarkan paket usaha.
  2. Franchisee yang memiliki unit usaha (outlet) yang memanfaatkan paket usaha milik franchisor.
  3. Ada kerjasama antara franchisor dan franchisee dalam hal pengelolaan unit usah.
  4. Ada kontak tertulis yang mengatur kerjasama.

Bisnis waralaba ini menjalinan kerjasama antara franchisor dan francisee. Hal ini merupakan aspek yang sangat kritikal dalam waralaba. Sukses keduanya tergantung kepada sinergi dari hubungan kedua belah pihak tersebut. Berinvestasi dibisnis franchise (waralaba) dapat menjajikan keuntungan yang menggiurakan ketimbang menaruh uang di deposito, apalagi dengan kondisi bunga bank saat ini yang dibawah 2 digit. Pemodal kecil, cukup dengan Rp. 3,5 sampai Rp. 6 juta sudah dapat menjalankan usaha waralaba, sebaliknya pemodal kuat, lumayan banyak pilihan usaha mulai dari Rp. 100 juta sampai dengan milyaran rupiah.

Di Indonesia merupakan lahan subur bagi mengembangkan bisnis waralaba selain karena potensi penduduk sangat besar dan beragam merupakan calon pembeli yang berlimpah. Sudah cukup banyak cerita sukses yang diperoleh para waralaba dipentas wanita bisnis Indonesia. Faktor Resiko kegagalan bisnis waralaba jauh lebih kecil dibanding bisnis lain seperti Distributor, Direct Sales Business (Penjualan Langsung) dan berbagai konsep bisnis lain. Risiko kegagalan pembeli waralaba adalah 5% – 15%, sedangkan pada bisnis biasa berada di angka lebih dari 60%.

Bisnis waralaba dalam tiga tahun terakhir memunculkan animo masyarakat Indonesia dengan sangat signifikan. Animo ini terefleksi pada dua cermin yakni: jumlah pembeli waralaba dan jumlah peluang usaha (business opportunity) yang terkonversi menjadi waralaba.

Kelebihan bisnis waralaba dibandingkan dengan bisnis lain adalah sebagai berikut:

  1. Biasanya mempunyai produk yang unik, tidak mudah ditiru.
  2. Mempunyai keunggulan dibandingkan dengan tipe usaha sejenis.
  3. Mempunyai konsep usaha yang telah terbukti berhasil.
  4. Produk/jasa yang terjamin. Sudah mempunyai nama.
  5. Adanya standarisasi dan pengoperasian yang jelas (SOP).
  6. Resiko kerugian yang rendah.

Jadi, sudah siapkah Anda dengan segala keuntungan dan tantangan yang harus Anda hadapi dalam bisnis waralaba ini? Tentu Anda harus berani melewatinya jika Anda ingin sukses. Karena bisnis apapun pasti mempunyai tantangan yang harus ditaklukkan. Tetapi untuk meminimalisir kerugian, Anda sebaiknya memilih konsep waralaba. Walaupun terdengan “cari aman”, tapi memang inilah pilihan terbaik yang bisa dipilih bagi Anda yang mempunyai modal kuat dan ragu-ragu untuk memulai sebuah usaha. Sekarang coba Anda bayangkan apakah Anda akan bahagia dengan keuntungan yang maksimal dari usaha Anda? Jawabannya pasti iya. Dan untuk mempersiapkan kebahagiaan itu, Anda harus memulainya dengan menghadapi setiap tantangan yang ada. Selamat mencoba.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS