December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Keuntungan Berinvestasi di Reksadana Indonesia

By admin - Wed Jun 13, 5:29 pm

Reksadana Indonesia pastinya memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda sebagai investor. Reksadana Indonesia mempunyai beberapa keuntungan yang menjadi daya pikat bagi banyak pemain. Keuntungan reksadana yang pertama adalah dikelola oleh sang ahli. Reksadana dikelola oleh manajer inveastasi yang pastinya sudah berpengalaman di pasar modal. Manajer investasi ini mempunyai kemampuan untuk memaksimalkan hasil investasi Anda melalui analisis yang mendalam dan rapih atas keadaan pasar dan ekonomi, pemilihan asset yang sesuai dan juga pemilihan strategi investasi.

Reksadana Indonesia

Keuntungan kedua adalah danareksa merupakan sarana investasi yang praktis dan juga fleksibel. Jika Anda berinvestasi di reksadana, maka Anda cukup menyetorkan sejumlah dana untuk modal investasi Anda dan kemudian manajer investasi yang akan menyusun investasi untuk Anda. Tugas Anda hanyalah memonitor hasil investasi Anda melalui NAB/Unit yang diterbitkan setiap hari. Karena produk reksadana ada beberapa macam, maka Anda mempunyai kekuasaan untuk memilih produk reksadana mana yang sesuai dengan keinginan Anda. Dan jika Anda ragu dalam memilih, Anda juga bisa meminta pendapat manajer investasi.

Reksadana Indonesia juga mempunyai keuntungan yang ketiga, yaitu investasi ini termasuk investasi yang terjangkau. Investasi ini sangat terjangkau karena bisa dimulai dengan modal awal sebesar Rp 1.000.000. Bahkan ada juga program investasi Masa Depanku dari DIM yang menawarkan investasi mulai sebesar Rp 200.000 setiap bulannya. Keuntungan keempat adalah investasi reksadana mempunyai resiko yang lebih kecil (minimal). Karena dengan besarnya dana yang ada pada reksadana, maka akses untuk melakukan diversifikasi investasi semakin besar. Kemudian dengan melakukan diversifikasi inilah maka resiko bisa diminimalisir.

Keuntungan kelima, yaitu terjaganya likuiditas Anda. setiap hari bursa, yaitu pada hari kerja yang ditetapkan sesuai dengan kalender Bursa Efek Indonesia, Anda bisa mencairkan kembali investasi Anda. Kemudahan ini akan Anda dapatkan dan membuat Anda lebih leluasa untuk kembali mengatur dana investasi Anda untuk kedepannya dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Keuntungan keenam adalah transparansi dalam berinvenstasi. Anda tidak perlu was-was ketinggalam informasi atau takut ada informasi yang tidak diberitahukan pada Anda, karena informasi seluruh jenis reksadana selalu transparan. Transparan di sini berarti Anda akan mengetahui semua diversifikasi asset-aset apa saja pada danareksa Anda. selain itu, manajer investasi juga berkewajiban untuk memberitahukan kepada Anda tentang resiko-resiko yang dihadapi maupun biaya-biaya yang dibebankan pada Anda.

Reksadana Indonesia tentunya juga mempunyai resiko, walaupun relative kecil. Resiko-resiko inilah yang nantinya harus Anda hindari. Resiko pertama adalah resiko berkurangnya unit penyertaan Anda. Resiko ini merupakan resiko utama dalam bermain di reksadana. Resiko ini terjadi apabila terjadi fluktuasi dari harga asset-aset pada reksadana tersebut. Dan tingkat fluktuasinya tentu saja berbeda pada masing-masing jenis produk reksadana. Resiko kedua adalah resiko kredit. Resiko ini merupakan resiko yang timbul pada efek utang dan juga instrument pasar uang. Hal ini disebabkan oleh penerbit utang-utang tersebut tidak mampu memenuhi kewajibannya untuk membayar utangnya. Hal ini bisa juga disebut sebagai wanprestasi.

Resiko ketiga adalah resiko likuiditas. Resiko ini adalah resiko dimana investasi tidak bisa melunasi transaksi penjualan dengan segera untuk kembali ke unit penyertaan reksadana Anda. Tetapi ada usaha dari BAPEPAM (Badan Pengawas Pasar Modal) untuk mengurangi resiko ini, yaitu dengan mengatur bahwa manajer investasi harus mampu melunasi semua transaksi penjualan kembali dan diberi waktu paling lambat 7 hari bursa dari transaksi Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS