December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Keunggulan Reksadana Saham

By admin - Tue Jun 12, 5:01 pm

Reksadana saham tentu berbeda dengan jenis reksadana yang lain. Reksadana saham mempunyai ciri, keuntungan dan kekurangan yang beda dari jenis reksadana lain maupun jenis investasi lain. Untuk keunggulan reksadana adalah sebagai berikut. Keunggulan pertama adalah bagi Anda yang belum mahir dan capable dalam bidang investasi ini, maka Anda akan sangat terbantu karena adanya manajer investasi. Manajer investasi ini mempunyai tugas untuk mengevaluasi investasi Anda setiap harinya. Jadi, Anda tidak perlu bersusah payah mengevaluasinya karena Anda akan mendapatkan report dari manajer investasi setiap bulan atau pun beberapa kali sebulan.

Reksadana saham

Keunggulan kedua adalah Anda juga bisa melakukan investasi dengan jumlah dana awal yang terjangkau atau jumlahnya kecil. Bahkan ada jenis reksadana yang bisa dimulai dengan dana awal hanya senilai Rp 100.000,-.  Keuntungan ketiga adalah adanya penyebaran resiko atau diversifikasi. Jika berinvestasi dengan reksadana, Anda bisa menyebar resiko investasi dengan leluasa. Misalnya, bila dana Anda hanya Rp 1 juta, maka Anda tidak mungkin bisa membuka beberapa deposito secara bersamaan di beberapa bank karena untuk membuka satu deposito saja dibutuhkan dana minimal Rp 500 ribu. Tapi dengan melakukan investasi di reksa dana deposito, maka uang Anda bisa tersebar di berbagai deposito dalam berbagai bank, tanpa Anda harus memiliki dana yang besar.

Reksadana saham juga mempunyai keuntungan yang kempat, yaitu dari segi perpajakan. Jadi, penjualan maupun pembelian kembali UP dari produk reksadana merupakan bebas pajak. Hal ini dilakukan untuk merangsang dunia investasi di Indonesia atas kebijakan Pemerintah (DirJen Pajak). Lalu yang sekarang menjadi masalah apakah kita bisa begitu saja mempercayai manajer investasi? Manajer investasi itu bukanlah merujuk pada perorangan tetapi pada perusahaan yang mengelola investasi Anda. Orang-orang yang bekerja di dalam manajer investasi ini disebut sebagai wakil manajer investasi atau tim pengelola investasi maupun komite investasi. Selain itu, ada juga istilah fund manager.

Manajer inveastasi yang bagus tentunya tidak sembarangan merekrut fund manager. Seorang fund manager harus mempunyai sertifikat atau ijin dari Pemerintah (BAPEPAM) atau Badan Pembina dan Pengawas Pasal Modal. Untuk bisa mendapatkan ijin tersebut, seorang calon fund manager harus melalui ujian dengan tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Jadi, ketika Anda sudah memastikan bahwa Anda akan menggunakan jasa salah seorang fund manager, Anda harus memintanya untuk memberitahu Anda apakah dia mempunyai ijin tersebut atau tidak. Jika dia sudah mengantongi ijin tersebut, maka Anda tidak perlu khawatir lagi dengan dana investasi Anda.

Reksadana saham adalah produk reksa dana dimana manajer investasinya sebagian besar menginvestasikan uang nasabahnya ke dalam saham. jika ditilik dari segi keuntungan, reksa dana jenis ini mampu memberikan potensi keuntungan paling besar. Hal ini terjadi karena sifat saham yang nilainya bisa naik dan juga bisa turun. Jadi, kenaikannya bisa besar sekali dan juga sebaliknya, penurunannya juga bisa sangat besar. Jadi, keuntungan yang didapat setara dengan resiko yang membayanginya.

Selain reksa dana saham, ada beberapa jenis dana reksa yang bisa Anda pilih, yaitu reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran dan juga reksa dana pasar uang. Masing-masing mempunyai karakteristik tersendiri dan mempunyai keunggulan tersendiri. Tetapi yang paling banyak diminati adalah reksa dana saham karena kemungkinan keuntungannya yang sangat tinggi dibandingkan yang lainnya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS