December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Keunggulan Reksadana Online

By admin - Wed Jun 13, 5:25 pm

Reksadana online dikenal mempunyai keluwesan tersendiri daripada reksadana konvensional. Reksadana online menjanjikan investasi bebas repot karena Anda tidak perlu bolak-balik datang ke kantor cabang untuk top-up, dan lain sebagainya. Jika Anda masih minim pengalaman dan pengetahuan tentang reksadana online ini, Anda bisa menelusuri segala macam informasi tentangnya. Untuk Anda yang masih ingin mencari “aman”, Anda bisa membuka investasi ini di bank investasi plat merah, misalnya danareksa.

Reksadana online

Namanya juga investasi online, maka cara registrasinya juga secara online yang artinya bisa dilakukan di rumah, di kantor atau dimanapun asal ada jaringan internet. Untuk pendaftaran online biasanya dimulai dengan mengisi formulir online di websitenya. Setelah Anda isi dengan lengkap, kemudian formulir tersebut dikirim ke Anda melalui email untuk Anda tanda tangani dan Anda kirim ke kantor danareksa. Jika Anda ingin secepat mungkin membuka rekening, formulir yang sudah Anda tandatangani ini bisa Anda kirimkan ke kantor terkait melalui email atau fax. Kemudian jika formulir ini sudah dikirim melalui email atau fax, maka rekening reksadana Anda akan sudah di-approve dalam 1 hari dan Anda sudah bisa langsung “bermain” secara online.

Reksadana online tentu menimbulkan keasikan tersendiri. Karena Anda bisa “bermain” hanya dengan klik dan transfer. Kemudian Anda tinggal mentransfer sejumlah yang sudah Anda beli di form pembelian online. Selanjutnya hanya dalam beberapa hari proses tersebut sudah lengkap dan Anda bisa segera melihat besarnya investasi Anda di websitenya tersebut. Sangat mudah dan menyenangkan bukan?

Nah setelah Anda mengerti dan mendapatkan gambaran tentang cara “bermain” reksadana secara online, Anda juga harus bisa mengerti tentang pemetaan reksadana. Pemetaan reksadana adalah pengelompokan atau penggolongan reksadana berdasarkan criteria tertentu. Dengan pemetaan ini, kemudian kita bisa memilih reksadana mana yang cocok untuk kita mainkan. Pemetaan ini tentunya berhubungan dengan besarnya return yang didapat, karena memang tujuan dari berinvestasi adalah untuk mendapatkan return bukan? Pertama, kita harus mengeri besar besar NAB suatu reksadana yang akan kita pilih. Dan hati-hati, jangan sampai tertukar dengan NAB/Unit karena pengertiannya berbeda. Kedua, Anda harus mencari tahu sudah berapa lama produk reksadana tersebut diterbitkan. Umur reksadana ini bisa menjadi acuan bagi kita untuk bertransaksi. Realitanya, semakin panjang umur reksadana, maka akan semakin mudah bagi kita untuk melihat perkembangannya melalui gelombang pasar.

Reksadana online sebaiknya juga tidak luput dari pemetaan reksadana. Karena sekalinya Anda lupa untuk tidak melakukan pemetaan, maka resiko yang Anda bisa terima bisa lebih besar. Hal ini karena seperti Anda berjalan tanpa mengetahui jalur yang tepat. Jadi, Anda hanya akan berjalan mengikuti insting saja dan ini yang berbahaya karena tidak selamanya insting bisa dipercaya. Dari pemetaan tersebut di atas (kita mengambil contoh pemetaan pada reksadana saham), bisa diambil kesimpulan bahwa:

  1. Return (dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi): low à medium low à medium high.
  2. Resiko: low -> medium low -> medium high -> high.
  3. NAB: small -> medium small -> medium big -> big.
  4. Umur: very young -> young -> old -> very old.

Keempat pemetaan tersebut kemudian bisa dikonversikan ke dalam pemetaan return sebagai berikut:

  1. Low: return bulanan reksadana tertentu berada pada tingkat paling bawah, yaitu return < 2.08%.
  2. Medium low: return bulanan reksadana tertentu ada di peringkat tertinggi nomor 3, yaitu 2.08% < return < 2.93%.
  3. Medium high: return bulanan reksadana tertentu ada di peringkat paling tinggi kedua, yaitu 2.93 < return < 3.25%.
  4. High: return bulanan reksadana tertentu ada di peringkat paling tinggi, yaitu return > 3.25%.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS