December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Keunggulan Reksadana Campuran

By admin - Wed Jun 13, 5:28 pm

Reksadana campuran adalah jenis reksadana yang menginvestasikan dananya pada efek ekuitas (saham) dan efek utang (obligasi dan deposito). Reksadana campuran mempunyai komposisi yang tidak termasuk kedalam kategori reksadana pendapatan tetap, reksadana saham maupun reksadana pasar uang. Perbedaan yang paling mencolok dari jenis reksadana ini dengan jenis reksadana yang lain adalah tingkat fleksibilitasnya dalam mengatur alokasi penempatan dana serta pemilihan portofolio. Batasan pengalokasian dana kelola yang dimiliki oleh jenis reksadana yang lain, tidak dimiliki oleh jenis reksadana campuran ini. Mari kita ambil contoh pada reksadana pendapatan tetap. Pada jenis reksadana ini, alokasinya dananya pada obligasi tidak boleh kurang dari 80%.

Reksadana Campuran

Tentang komposisi dan alokasi penempatan dananya juga sangat bervariasi. Selain itu, manajer investasi juga harus memberikan gambaran tentang kebijakan investasi reksadana campuran yang telah diterbitkannya. Misalnya berapakah porsi maksimal dan minimal untuk penempatan di surat utang, efek ekuitas dan juga pasar uang.

Reksadana campuran juga membuat sang manajer investasi lebih leluasa untuk mengelolanya. Dia bisa dengan mudah dan leluasa memutuskan kapan membeli, menjual maupun menata ulang komposisi portofolionya. Tetapi semua itu mempunyai satu syarat, yaitu semuanya harus sesuai dengan kebijakan investasi yang sudah digariskan di prospectus reksadana.

Selain manajer investasi, yang mempunyai keleluasaan bertransaksi adalah investor. Karena dengan membeli jenis reksadana campuran ini, Anda mempunyai kesempatan untuk mendapatkan imbal hasil dari berbagai macam instrument investasi. Untuk tingkat keuntungan, jenis reksadana campuran ini menawarkan keuntungan yang lebih tinggi daripada reksadana pasar uang dan juga pendapatan tetap. Bahkan, keuntungannya hampir menyamai reksadana saham yang merupakan investasi dengan return tertinggi. Itulah sebabnya bagi investor yang tidak mempunyai cukup keberanian di reksadana saham, memilih reksadana campuran sebagai alternative pilihan. Karena walaupun demikian, tingkat resikonya tentu saja tidak setinggi reksadana saham.

Reksadana campuran walaupun begitu tetap harus dipilih secara jeli. Anda sebagai investor harus mampu memilih mana produk reksadana campuran yang mempunyai komposisi portofolio yang paling sesuai dengan kebutuhan investasinya dan juga profil resikonya. Hal ini dikarenakan produk reksadana campuran yang beredar di pasaran sekarang mempunyai komposisi portofolio yang sangat bervariasi. Hal inilah yang seringkali membuat calon investor merasa bingung. Produk reksadana yang beredar di pasaran sekarang sangat berbeda satu sama lain. Misalnya, sebuah produk reksadana campuran bisa menempatkan dananya sebanyak 50% untuk instrument saham, sedangkan yang lainnya hanya menempatkan 25% dananya di saham. Dengan perbedaan prosentase ini, sudah pasti akan memberikan keuntungan yang sangat berbeda. Hal inilah yang harus Anda ketahui. Anda tidak boleh hanya menilai reksadana campuran ini dari keuntungannya saja tetapi juga karakteristiknya.

Sebaiknya ketika Anda berniat untuk melakukan investasi di bidang reksadana campuran ini sebelum Anda melakukan pengamatan pada pasar dan perusahaan-perusahaan terkait. Tidak ada salahnya juga jika Anda berkonsultasi dengan manajer investasi untuk mendapatkan gambaran yang lebih nyata dan juga meminta dibuatkan simulasi transaksi agar Anda tidak menyesal di kemudian hari ketika Anda sudah berkecimpung di dalamnya. Karena tidak ada gunanya jika Anda menyesal apabila sudah memasuki dunia investasi ini. Jadi, pelajari semua sumber dan bandingkan antara sumber yang satu dengan yang lain. Dengan begitu, Anda bisa dengan lebih percaya diri melangkah dalam dunia investasi ini. Yang harus Anda perhatikan lagi adalah Anda tidak boleh terburu-buru dalam melangkah, pastikan Anda sudah mantap dan menemukan manajer investasi yang kompeten dan terpercaya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS