July 29 2014
  • 1
Jakarta, ID - 30 °CPartly Cloudy - Humidity: 62%
Advertisement

Keunggulan Investasi Emas

By admin - Thu Jun 21, 4:46 pm

 

Investasi emas sudah menjadi kebiasaan dan pilihan bagi sebagian besar masyarakat selama berabad-abad. Investasi emas mempunyai perpaduan yang indah antara keindahan, kelangkaan dan sifatnya yang nyaring tak lekang. Tidak hanya masyarakat yang menggunakan emas sebagai investasi tetapi juga sebuah Negara. Negara juga menyimpan emas sebagai simpanan kekayaan dan juga sarana pertukaran Internasional. Secara modern, kemilau emas tetap tidak lekang, bahkan dijadikan sebagai investasi yang wajib dimiliki oleh masyarakat, baik dari kalangan bawah sampai kalangan atas.

Investasi emas

Investasi emas bisa berwujud bermacam-macam, yaitu lembaran emas, emas batangan (gumpalan), saham di perusahaan emas, dana investasi emas (dana gotong-royong), surat berjangka emas dan juga opsi emas. Kepercayaan masyarakat modern akan keuntungan investasi emas semakin didorong oleh Bank Sentral dan Internationa Monetary Fund (IMF) yang menggunakan emas sebagai cadangan kekayaan. Emas cenderung tidak terkena dampak inflasi seperti uang tunai, itulah mengapa masyarakat terkadang lebih suka membelanjakan uangnya untuk emas. Selain itu, emas juga bisa menguatkan mata uang domestic.

Investasi emas seringkali disebut sebagai asset pendapatan non-penghasilan, tetapi hal ini tidak tepat karena ada pasar untuk memberikan pinjaman emas. Selain itu, emas juga diperdagangkan untuk kemudian mendapatkan keuntungan. Jika dibandingkan dengan asuransi, nilai emas dikatakan mampu sebanding dengan premi asuransi. Untuk investasi pribadi, tidak selayaknya Anda menginvestasikan seluruh dana Anda di emas. Karena Anda tidak boleh menyimpan semua telur dalam satu keranjang. Artinya, Anda harus membagi ingin memastikan bahwa dana investasi Anda terbagi. Jadi, ketika nantinya ada masalah dengan satu instrument investasi, instrument investasi yang lain tetap aman.

Karena investasi emas sekarang tersedia dalam beberapa jenis, maka Anda harus memilih salah satu yang terbaik, misalnya emas fisik (batangan/koin). Apa keunggulan emas fisik dibandingkan dengan jenis investasi emas yang lain? Berikut adalah jawabannya. Keunggulan yang pertama adalah melindungi kekayaan (wealth preservation). Jadi, emas mampu melestarikan nilai kekayaan kita. Karena kenaikan nilai emas selalu lebih tinggi daripada kenaikan inflasi. Jadi, kekayaan kita tidak akan termakan oleh inflasi. Keunggulan kedua adalah resiko rendah sampai menengah (medium to low risk investment). Emas merupakan jenis investasi yang mempunyai tingkat resiko rendah cenderung menengah dan mempunyai imbal hasil kenaikan nilai yang cukup tinggi pada jangka waktu tertentu.

Investasi emas fisik juga mempunyai keunggulan yang ketiga, yaitu asset nyata (tangible asset). Emas nyata adalah investasi yang nyata karena benar-benar mempunyai nilai secara intrinsic. Yakni, investasi emas fiisk tidak hanya sekedar selembar kertas yang mempunyai nilai dengan jaminan harapan. Keunggulan keempat adalah hak kepemilikan (private property rights). Jadi, emas fisik yang Anda miliki adalah hak pribadi Anda. Dan karakternya yang nyata membuat emas fisik lebih independen dan tidak tergantung pada institusi tertentu.

Keunggulan kelima adalah mudah dicairkan (liquid asset). Emas adalah jenis investasi yang dengan mudah diperjual-belikan dimanapun dan kapanpun. Jadi, dalam mencairkan emas ini, tidak perlu tergantung pada institusi. Bahkan emas bisa dijadikan jaminan hutang di pegadaian. Hal ini merupakan sifat istimewa emas karena sangat jarang instrument investasi lain yang mampu seperti ini. Keunggulan keenam adalah bebas pajak (tax free). Emas batangan dimasukkan sebagai komoditi produksi yang tidak terkena pajak di Indonesia. Jadi, Anda berinvestasi pada asset yang bebas pajak jika berinvestasi pada emas batangan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement