October 22 2014
  • 1
Jakarta, ID - 27 °CPartly Cloudy - Humidity: 79%
Advertisement

Keterampilan Menjahit Membuka Peluang Usaha Baru

By admin - Thu Jul 26, 4:31 pm

 

Keterampilan menjahit mempunyai keuntungan yang sangat besar bagi Anda. Keterampilan menjahit bisa menjadi sesuatu yang sangat berharga apabila Anda ada anggota keluarga yang membutuhkan keterampilan ini untuk permak baju atau celana. Terlebih lagi jika Anda tahu celah peluang usaha yang bisa Anda masuki. Jika Anda bisa menjahit busana, Anda bisa membuka lapangan pekerjaan untuk Anda sendiri dan orang-orang di sekitar Anda. Konveksi kemeja, kebaya, seragam sekolah, kaos, baju pengantin, celana olahraga, busana muslim, dan lain sebagainya bisa Anda hasilkan dengan tangan Anda.

Keterampilan menjahit

Untuk memulai sebuah usaha konveksi, Anda tidak harus membuat semua model busana yang ada. Yang harus Anda lakukan awalnya adalah membagi produk Anda ke beberapa titik utama. Misalnya Anda khusus membuat baju muslim dewasa dan anak. Tetapi juga melayani pemesanan produk dengan model yang lain. Hal ini akan menghemat modal usaha Anda. Jika Anda mampu memanfaatkan peluang ini dengan baik dan maksimal, maka Anda akan dipercayai konsumen untuk membuat semua produk konveksi yang dibutuhkannya. Jika usaha ini sudah berkembang, selanjutnya Anda juga bisa merekrut beberapa pegawai untuk membantu Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuka kursus jahit yang masih sangat diminati sampai sekarang.

Keterampilan menjahit juga bisa dimanfaatkan untuk membuat usaha jahit celana ¾. Celana model begini sampai sekarang masih digandrungi oleh banyak konsumen karena terkesan simple dan santai. Jika Anda mampu memanfaatkan keadaan sekitar, tentunya Anda juga akan berhasil menemukan bahan konveksi yang bisa Anda gunakan untuk membuat celana tersebut. Misalnya Anda pergi ke pabrik tekstil yang ada di dekat wilayah Anda. Dari situ, Anda bisa bekerja sama dengan membeli kain sortir dari pabrik yang pastinya mempunyai harga yang lebih murah. Walaupun biasanya kain sortir hanya mempunyai 1 warna saja, tetapi Anda juga masih bisa berkreasi sendiri.

Dengan kain satu warna tersebut, Anda bisa membuat celana ¾ yang menarik dan dengan harga ekonomis. Celana ini bisa Anda sablon atau dibuat celana boxer yang masih diminati banyak konsumen. Kemudian jangan lupa untuk membuat pola dan potong kain sesuai dengan pola yang sudah Anda buat. Setelah semua potongan selesai, Anda bisa langsung membawanya ke tukang sablon terdekat. Untuk motif sablon, jika Anda tidak mempunyai bakat dalam desain, Anda bisa mencarinya di internet. Setelah mendapatkan motif yang sesuai, kemudian tunjukkan kepada tukang sablon. Untuk sablon, biasanya harus menunggu sampai 3 hari.

Keterampilan menjahit yang dimanfaatkan untuk celana ¾ ini setelah menunggu 3 hari sablon, bisa langsung Anda kerjakan. Dalam waktu 15 hari, kira-kira Anda akan mampu mengerjakan 2 lusin celana ¾ dan 3,5 lusin celana boxer yang sudah siap jual. Semua itu hanya membutuhkan modal keterampilan dan modal Rp 1 juta untuk membeli bahan dan perlengkapannya. Untuk pemasarannya, Anda bisa memulainya dnegan menitipkan pada teman atau kenalan Anda yang berjualan di pasar tradisional. Jangan lupa juga untuk menawarkan produk Anda pada teman, saudara, tetanggan dan kenalan Anda.

Harga yang Anda patok harus benar-benar memperhitungkan bahan-bahan dan tenaga yang Anda keluarkan. Untuk perkiraan, celana boxer bisa Anda jual dengan harga Rp 12.000 per potong dan untuk celana ¾ bisa Anda jual dengan harga Rp 17.500 per potong. Yang terpenting harus ada kerja keras dan kemauan dari Anda. Selamat mencoba.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement