November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Kesalahan yang Harus Dihindari Dalam Bisnis Rumahan

By admin - Wed Jul 04, 5:04 pm

 

Kesalahan dalam bisnis rumahan seringkali tidak diindahkan oleh beberapa orang. Kesalahan dalam bisnis rumahan ini harus segera dihindari agar Anda dapat dengan lebih mudah meraih kesuksesan yang Anda impikan selama ini. Karena keuntungan yang didapat dari bisnis rumahan memang sangat menjanjikan. Selain itu, Anda tidak perlu repot-repot membayar baby sitter untuk mengasuh bayi atau anak Anda karena Anda bisa melakukannya sendiri. tetapi kenapa bisnis yang menjanjikan kenyamanan dan kesuksesan ini bisa terkena kebangkrutan? Berikut adalah beberapa kesalahan yang akan mengancam kelangsungan bisnis Anda dan harus segera Anda hindari.

Kesalahan dalam bisnis rumahan

Kesalahan yang pertama yang harus dihindari adalah salah memilih peluang bisnis. Sebagian orang memilih peluang bisnis yang tidak sesuai dengan keinginan dan kemampuannya. Mereka hanya ikut-ikutan latah pada bisnis yang dimiliki oleh orang lain dan ternayat sukses. Ketidaksesuaian ini bukan hanya di pihak pribadi sebagai pebisnis, tetapi juga tidak sesuai dengan bakat yang dimiliki dan juga lingkungan sekitar. Sehingga akan sulit mulai mengembangkan usahanya. Kesalahan kedua yang harus Anda hindari adalah tidak mengelola secara professional. Banyak sekali pelaku bisnis rumahan yang hanya menganggap bisnis ini sebagai sampingan, jadi mereka hanya menjalankannya dengan ala kadarnya saja. Padahal jika bisnis ini dikelola secara professional, tentu akan menghasilkan profit yang tinggi. Selain itu, penggunaan atau pengelolaan keuangan usaha juga menjadi factor utama keberhasilan usaha ini.

Kesalahan dalam bisnis rumahan yang ketiga yang harus dihindari adalah tidak efisien dalam penganggaran modal. Untuk memulai sebuah usaha, Anda harus benar-benar memperhitungkan segala aspek dan bahan apa saja yang harus Anda beli. Jangan terlalu boros dalam membelanjakan modal usaha Anda. Karena dengan membeli semua peralatan usaha yang mahal akan merugikan Anda. Di awal usaha, Anda cukup membeli perlengkapan yang sederhana tetapi bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Nanti setelah usaha berjalan dan mendapatkan profit, Anda bisa menyisihkannya sedikit untuk kemudian dibelikan perlengkapan yang lebih bagus. Perhatikan juga pola pasar, apabila pasar yang ada menyambut baik produk Anda, memang tidak ada salahnya Anda membeli alat yang lebih bagus. Tetapi jika pasar belum menunjukkan tanda-tanda peningkatan, jangan terlalu terburu-buru membelinya.

Kesalahan yang keempat adalah tidak memperlihatkan izin usaha yang dibutuhkan. Karena ketika Anda menjalankan sebuah usaha, pastinya Anda membutuhkan izin usaha dari pihak terkait. Jangan pernah melupakan aspek ini karena akan sangat merepotkan jika nantinya usaha Anda tumbuh dan berkembang menjadi lebih besar. Kesalahan kelima yang harus Anda hindari adalah perencanaan bisnis yang masih sederhana. Jangan berprinsip “biarkan mengalir seperti air”. Karena di dalam sebuah bisnis, Anda harus membuat perencanaan yang matang agar tahu nantinya setelah berjalan, usaha Anda untung atau rugi. Dan hal ini akan sangat bermanfaat untuk mengatasi kendala yang tidak terduga.

Kesalahan dalam bisnis rumahan yang keenam adalah kurang aktif. Walaupun kebanyakan pelaku bisnis rumahan pasif, Anda jangan ikut-ikutan kondisi tersebut. Walaupun ruang lingkup usaha Anda masih kecil, tetapi Anda juga harus tetap aktif untuk mengoptimalkan usaha Anda. Jangan hanya duduk diam sambil menunggu konsumen datang, pastikan Anda menginformasikan usaha Anda, baik dalam bentuk selebaran maupun iklan di Koran dan radio local.

Jadi, sekecil apapun bisnis Anda, apabila disepelekan dan tidak direncanakan dengan baik, maka akan mengarah ke kebangkrutan. Sedangkan jika Anda mengelolanya dengan pofesional dan bertanggung jawab, maka kesuksesan pun menanti Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS