December 27 2014
  • 1
Jakarta, ID - 26 °CHaze - Humidity: 89%
Advertisement

Kesalahan yang Harus Dihindari Dalam Bisnis Online Shop

By admin - Wed Jul 04, 5:02 pm

 

Kesalahan dalam bisnis online shop terkadang menjadi sesuatu yang dianggap sekedar perkara lumrah. Padahal kesalahan dalam bisnis online shop sedikit demi sdikit akan menggerogoti usaha Anda. Dan jika dibiarkan terus menerus, maka Anda akan kehilangan bisnis Anda karena tidak bisa lagi bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat. Karena sekarang setiap orang ingin berbisnis di online shop karena dianggap tidak membutuhkan modal besar. Dan memang begitulah adanya. Tetapi pertanyaannya adalah apakah Anda bisa tetap menjaga konsumen Anda agar tidak lari ke lapak para pesaing Anda?

Kesalahan dalam bisnis online shop

Fenomena seperti ini seharusnya membuat Anda lebih berpikir ke depan tentang strategi apa lagi yang harus Anda jalankan untuk kesuksesan usaha Anda. Apalagi jika saingan Anda adalah mereka yang sudah malang-mellintang di dunia bisnis dan sudah mempunyai toko offline sukses dan besar yang akhirnya ikut melebarkan sayapnya di dunia online. Apakah Anda harus berdiam diri saja melihat para pesaing Anda bergelimangan dan saling melangkah maju? Tentu saja tidak. Sudah saatnya Anda membela diri dan menekankan strategi yang paling jitu, yaitu menghindari kesalahan yang tidak boleh Anda lakukan.

Kesalahan dalam bisnis online shop pertama yang tidak boleh Anda lakukan adalah menggunakan gambar dari internet untuk mempromosikan produk atau jasanya. Strategi ini tidak boleh Anda gunakan karena para pengunjung menginginkan gambar produk atau jasa Anda yang asli. Selain itu, gambar yang diambil dari internet tentunya sudah pasaran yang tidak merepresentasikan kualitas produk atau jasa Anda yang asli. Sebaiknya Anda memasang foto asli produk atau jasa Anda dan menambah watermark atau logo usaha Anda. Hal ini akan memunculkan ketertarikan dan kepercayaan pengunjung online shop Anda.

Kesalahan kedua adalah tidak mencantumkan contact person secara lengkap. Jika biasanya Anda hanya mencantumkan alamat email untuk pemesanan, sebaiknya ubah kebiasaan tersebut. Karena banyak sekali pengunjung yang enggan membeli produk atau jasa Anda karena menganggap online shop Anda hanya sejenis tipuan. Nah, untuk membentuk kepercayaan pengunjung, sebaiknya Anda mulai menuliskan alamat lengkap dan nomor telpon yang bisa dengan mudah dihubungi. Serta jangan lupa mencantumkan alamat akun yang lain, misalnya twitter, facebook, dan lain sebagainya.

Kesalahan dalam bisnis online shop yang ketiga adalah tidak memberikan deskripsi produk atau jasa secara lengkap. Walaupun pada kenyataannya banyak orang yang sengaja menyembunyikan beberapa informasi pada produknya, sebaiknya Anda tidak mengikuti langkah tersebut. Karena jika tidak, konsumen akan kecewa dengan produk Anda dan akan melakukan black list terhadap online shop. Hal ini tentu sangat merugikan. Karena kehilangan satu pelanggan sama saja kehilangan satu kesempatan untuk meraih kesuksesan. Kesalahan keempat adalah dengan merespon pelanggan terlalu lama. Semua orang atau konsumen tidak akan ada yang bersedia menunggu terlalu lama,apalagi untuk membeli sesuatu. Pastikan Anda selalu online di saat jam dan hari aktif. Walaupun tidak menutup kemungkinan pada weekend juga online. Yang pasti, jangan pernah mengecewakan konsumen Anda dengan membuat mereka menunggu terlalu lama.

Kesalahan kelima adalah tidak melengkapi penawarannya dengan petunjuk pembelian. Hal ini akan membuat konsumen bingung harus mulai darimana dan bagaimana cara bertransaksi. Pastikan Anda sudah merancang alur yang harus diikuti oleh konsumen jika ingin bertransaksi di online shop Anda. Selamat berbisnis.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement