October 25 2014
  • 1
Jakarta, ID - 31 °CPartly Cloudy - Humidity: 58%
Advertisement

Kesalahan Bukan untuk Disesali Tapi untuk Dipelajari

By admin - Tue Feb 12, 4:38 pm

Belajar dari kesalahan sepertinya mudah dilakukan tetapi ternyata tidak semudah itu. Belajar dari kesalahan membutuhkan kemauan untuk menganalisa dan menerima apa yang sudah terjadi di masa lalu. Hampir semua pelaku usaha pernah melakukan kesalahan, entah dalam melakukan keputusan atau memilih produk, dan lain sebagainya. Hal ini memang wajar dan manusiawi. Karena ketika seseorang belum mengetahui mana yang benar dan mana yang salah, maka kesalahan ini bisa terjadi dengan mudah. Bahkan tidak jarang para ahli juga pernah melakukan kesalahan.

Belajar dari kesalahanSeorang ahli atau pengusaha sukses bisa menjadi seperti sekarang ini karena mereka sudah pernah melakukan kesalahan. Mereka menjadi ahli setelah mereka berhasil memecahkan tantangan atau jawaban atas kesalahan yang pernah dilakukannya itu. Akhirnya mereka mencoba untuk mencari jawaban yang tepat untuk bisa menghindari kesalahan yang pernah mereka lakukan sebelumnya.

Belajar dari kesalahan ini akan mengajarkan kita betapa berharganya pembelajaran besar. Kemudian setelah kita mengetahui apa saja yang salah yang pernah kita lakukan, maka kita juga bisa mengambil pembelajaran dan manfaat dari hal tersebut. Baik didengaja maupun tidak, sebuah kesalahan yang pernah kita lakukan bisa memberikan pembelajaran besar untuk diri kita, salah satunya adalah menjadi mampu untuk mengevaluasi sikap yang selama ini masih kurang tepat. Sebenarnya, kesalahan terjadi karena kita kurang mendapatkan informasi tentang hal tersebut. Sehingga setelah kita mampu mengevaluasi kesalahan-kesalahan yang pernah kita perbuat tersebut, kesalahan yang sama akan bisa kita hindari dengan lebih baik dan bijak.

Selain itu, mengevaluasi kesalahan yang pernah kita lakukan juga akan memberikan motivasi lebih pada kita untuk mencari tahu bagaimana caranya agar bisa bangkit dari keterpurukan dan kegagalan yang terjadi. Karena ketika kita telah berhasil melewati kesalahan tersebut, maka kita juga akan lebih mudah mencari solusi dan cara untuk menyelesaikannya di kemudian hari.

Belajar dari kesalahan ini menuntun kita untuk lebih baik dan lebih hati-hati dalam menentukan kebijakan atau peraturan. Hal ini juga berlaku di dalam dunia bisnis. Ketika menjalankan bisnisnya dan ternyata masih ada kesalahan, maka bisnis tersebut akan terancam gagal. Tetapi setelah mengalami kegagalan tersebut, pelaku usaha bisa belajar bagaimana untuk mengatasi hal tersebut dan melihat strategi lain yang lebih matang dan potensial daripada sebelumnya. Nah, jika kita ingin menjadi pribadi yang sukses, teruslah belajar untuk mencari jalan keluar dari setiap kesalahan yang pernah Anda lakukan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement