September 16 2014
  • 1
Jakarta, ID - 25 °CHaze - Humidity: 74%
Advertisement

Kerajinan Anyaman dan Kandang Burung

By admin - Thu Dec 06, 2:54 pm

Kerajinan anyaman bisa menjadi produk Indonesia yang paling digemari oleh pasar Internasional. Kerajinan anyaman juga sangat laris di pasar dalam Negeri. Keberadaan kerajinan bambu untuk kandang ayam dan kandang burung tetap menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan. Dari sini dapat kita simpulkan bahwa perkembangan jaman belum tentu selalu meninggalkan produk hasil perkembangan masa lalu. Salah satunya adalah kerajinan bambu. Dengan semakin banyak dan meningkatnya berbagai macam jenis bentuk dan bahan materialnya, ternyata tidak membuat masyarakat berkurang minatnya untuk menggunakan produk warisan jaman dahulu.

Kerajinan anyamanUntuk Anda yang ingin memulai usaha ini, tidak sulit untuk mendapatkan bahan baku untuk membuat kandang ayam, misalnya besi dan anyaman kawat. Bahkan seiring dengan banyaknya bahan baku yang lain untuk kandang ayam dan burung, tidak membuat masyarakat kehilangan minat dengan bahan baku bambu. Salah satu anyaman yang masih banyak peminatnya adalah gedheg yang merupakan anyaman bambu dengan motif atau polos. Gedgeh mempunyai daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk menggunakannya sebagai plafon atau bahan dinding. Di daerah Jawa Tengah masih banyak masyarakat yang memproduksi bahan ini dan juga masih sangat banyak peminatnya. Misalnya daerah bantul, Sleman, dan lain sebagainya.

Kerajinan anyaman ini tentunya membidik pasar yang menggemari ayam atau burung. Di negeri kita masih sangat banyak masyarakat yang memelihata ayam dan burung di rumahnya. Dengan begitu, mereka juga tentunya menginginkan kandang ayam dan burung yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Misalnya kandang ayam untuk pengusaha ternak tentunya berbeda dengan kandang ayam untuk hiasan. Dengan begitu, Anda harus bisa menentukan pasar mana yang akan Anda bidik dan bagaimana cara untuk menarik minat mereka agar membeli produk yang Anda ciptakan.

Untuk memperluas jangkauan pasar, Anda bisa menjalin kerja sama dengan para pedagang pakan ayam. Dengan begitu, Anda bisa menitipkan produk kandang ayam dan burung di usaha miliknya. Cara ini sangat cocok untuk Anda yang masih pemula dan masih mempunyai modal terbatas. Cara ini juga sangat membantu Anda agar tidak kalah bersaing dengan produsen yang lain.

Kerajinan anyaman juga bisa Anda jadikan sebagai ide usaha untuk reseller. Anda tidak akan pernah tahu bagaimana respon pasar tentang produk Anda sebelum Anda mencobanya. Jangan langsung menyerah ketika menemui penolakan dari pasar. Anda harus bisa mengatasi penolakan tersebut dengan tenang dan akhirnya bisa memperbaikai produk yang Anda miliki. Ikutilah pameran yang ada di daerah Anda untuk memperkenalkan produk yang Anda usung. Dengan begitu, Anda akan lebih mengerti bagaimana antusias pasar melihat produk Anda. Selamat berwirausaha dan semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement