November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Kenali Konsumen Anda!

By admin - Wed May 01, 4:35 pm

Tipe konsumen untuk dunia bisnis online ada beberapa macam yang perlu Anda ketahui. Tipe konsumen di dunia online dibutuhkan untuk mengetahui apa yang sebenarnya mereka inginkan dan butuhkan. Walaupun Anda bergerak di dunia online, tidak berarti Anda harus tenang dan emnunggu konsumen untuk mendatangi lapak Anda. Anda juga harus berperan aktif untuk menarik hati para calon konsumen, yaitu dengan memberikan apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Jadi, online shop Anda tidak berhenti dengan menanti konsumen untuk datang. Nah, untuk memudahkan Anda, berikut ini beberapa tipe konsumen di dunia online yang harus Anda ketahui serta bagaimana cara menangani mereka:

Tipe konsumen

  • The seeker. Setap karakter dan tujuan dari konsumen pasti berbeda-beda. Untuk tipe konsumen yang pertama ini biasanya akan mengunjungi online shop untuk mencari barang atau jasa yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan mereka. Para konsumen tipe ini tidak segan untuk melakukan survey terhadap beberapa online shop, tujuannya adalah untuk membuat perbandingan harga dan kualitas barang atau jasa dari masing-masing online shop. Dan ketika mereka sudah menemukan produk atau jasa yang pas, mereka akan langsung membelinya. Nah untuk melayani tipe ini, Anda harus mengupayakan bahwa online shop Anda mudah dijangkau oleh mesin search engine, membuat harga yang kompetitif dan memperhatikan kualitas barang atau jasa yang Anda jual.
  • The research. Tipe konsumen yang satu ini juga hampir sama dengan tipe pertama, yaitu mencari mana yang paling tepat dari beberapa online shop. Tetapi yang membedakan adalah mereka belum mengerti produk apa saja yang ingin mereka beli, sehingga mereka membutuhkan penjelasan lebih detail tentang suatu produk atau jasa. Untuk melayani konsumen tipe ini, Anda harus aktif untuk menjelaskan barang yang dia cari, meliputi manfaat dan cara menggunakannya. Selain itu, lengkapi setiap gambar produk dengan keterangan. Untuk tampilan produk, Anda juga harus membuat tampilan per kategori untuk memudahkan konsumen melihat dan memutuskan kategori mana yang mereka inginkan.
  • The discount lover. Tipe yang satu ini paling suka jika ada diskon di suatu online shop. Jadi, mereka tidak segan-segan untuk berburu dari satu online shop ke online shop yang lain untuk mencari produk-produk diskon. Nah, untuk melayani konsumen tipe ini, Anda harus memberikan paket promosi untuk pembeian tertentu, misalnya setelah transaksi 3 kali, akan mendapatkan potongan harga sebesar 10%, dan lain sebagainya.
  • The window shopper. Tipe konsumen yang satu ini biasanya suka sekali melihat-lihat tapi tidak mempunyai niat untuk membeli. Karena konsumen tipe ini motivasinya adalah untuk sekedat mencari inspirasi, menghabiskan waktu luang atau iseng. Tips untuk menghadapinya, Anda harus membuat tampilan homepage yang menarik untuk menarik minat mereka agar datang ke online shop Anda. Jadi, walaupun mereka tidak melakukan pembelian, kunjungan di online shop Anda juga meningkat sehingga Anda juga bisa mendapatkan pagerank yang bagus.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS