November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Kembangkan Usaha Handycraft Anda

By admin - Tue Dec 04, 3:12 pm

Usaha handycraft memang sedang digandrungi oleh masyarakat Internasional. Usaha handycraft dari Indonesia sudah dikenal luas di berbagai penjuru dunia. Inilah yang harus kita lihat lebih dalam. Peluang usaha ini bisa menjadi potensi pariwisata Indonesia. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali tempat wisata yang tersebar dan masing-masing daerah wisata ini pastinya mempunyai potensi handycraft tersendiri. Jadi, tersebarnya obyek wisata di Indonesia tidak hanya bisa meningkatkan perekonomian nasional tetapi juga bisa menghidupkan industry kerajinan di sekitarnya.

Usaha handycraftKarena tanpa kita sadari, banyak sekali wisatawan asing maupun domestic yang tertarik membeli beraneka macam kerajinan dan souvenir yang digunakan untuk oleh-oleh. Hal ini sudah menjadi kebiasaan dan hal inilah yang kemudian membuat produk handycraft di Indonesia mulai mendapatkan banyak sekali permintaan. Dari situ, mulai banyak industry kecil yang mulai berkembang pesat dan prospek pasarnya semakin hari semakin terbuka lebar. Dan, jika Anda mempunyai niatan untuk membuka usaha, tidak ada salahnya Anda mengikuti pergerakan pasar ini.

Usaha handycraft perlu dikelola dengan baik agar hasilnya juga maksimal. Kiat pertama untuk meningkatkan usaha kerajinan adalah dengan bersaing dengan inovasi. Walaupun sekarang banyak sekali pengrajin denga berbagai jenis produk kerajinan yang dihasilkan, tetapi Anda tidak perlu takut. Anda harus bisa bersaing dan menciptakan inovasi baru yang belum pernah ada sebelumnya. Inovasi bukan hanya dari segi ukuran dan bentuk tetapi juga kualitas bahan, dukungan kemasan yang unik dan juga strategi pemasaran yang Anda jalankan.

Kiat kedua, angkatlah potensi di sekitar Anda untuk meningkatkan nilai jual produk yang Anda tawarkan. Sebagian besar pelancong lebih suka membeli oleh-oleh yang mempunyai ciri khas khusus dari suatu daerah yang dikunjungi. Nah, inilah yang harus Anda perhatikan. Mulailah untuk mengangkat potensi local yang ada di sekitar Anda.

Usaha handycraft yang dipasarkan juga harus bisa dipasarkan dengan kiat yang ketiga, yaitu dengan memperluas wawasan dan jaringan dengan ergabung ke komunitas sesame pengrajin. Hal ini tidak boleh Anda anggap sepele. Sebagai seorang pelaku usaha, Anda sebaiknya tidak hanya focus dalam memikirkan masalah produksi saja, tetapi juga harus bisa memperluas wawasan dan juga membangun jaringan bisnis untuk bisa memperlancar jalannya bisnis yang Anda jalankan. Dalam hal ini, Anda bisa bergabung dengan komunitas sesame pengrajin, baikn di tingkat local, regional dan juga nasional. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal. Karena dengan bergabung dengan komunitas pengrajin, Anda bisa berbagi ilmu dengan rekan-rekan seprofesi, bisa mendapatkan tambahan modal dari komunitas yang Anda ikuti dan juga bisa mendapatkan info terupdate tentang jadwal bazaar dan pameran baik di dalam atau di luar negeri.

Jadi, setiap Anda mengukuhkan hati Anda untuk menjalankan usaha ini, jangan setengah-setengah dan jangan ragu untuk melangkah. Karena satu langkah kecil saja bisa berpengaruh pada kesuksesan bisnis Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS