November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Kembali Bugar Mengawali Tahun

By admin - Thu Jan 05, 3:05 pm

Kembali bugar mengawali tahun setelah liburan dan berpesta dengan segala macam makanan dan minuman adalah sebuah keharusan untuk tetap fit. Kembali bugar mengawali tahun akan sangat berpengaruh pada kinerja Anda di kantor. Karena jika tubuh Anda tidak fit, Anda hanya akan merasa malas dan membayangkan masa-masa liburan kemudian konsentrasi akan terpecah. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sekarang saatnya kembali menjaga kebugaran Anda dengan berolah raga.

Melakukan aktivitas fisik atau olah raga memang terasa menyulitkan pada awalnya bagi Anda yang tidak terbiasa. Terlebih jika tubuh dan pikiran Anda sudah terlalu dimanja sepanjang liburan. Agar olah raga Anda tidak berat, sebaiknya dilakukan dengan perlahan. Jangan menjalani diet atau olah raga terlalu keras pada diri Anda sendiri. Biasakan ini selama enam hari pertama karena lama-kelamaan tubuh dan pikiran Anda akan mulai terbiasa dan kembali bugar seperti semula. Berikut tahapan olahraga selama enam pertama sebagai langkah awal memulai kembali aktivitas fisik Anda.

Kembali bugar mengawali tahun di hari pertama dimulai dengan berjalan kaki. Carilah area jalan kaki yang sejuk dan jauh dari keramaian kemudian tarik nafas panjang. Pada hari ke dua, lakukan gerakan squate, lunges, dan push up. Olah raga ini bisa Anda lakukan di rumah dan lakukan bersama pasangan agar lebih bersemangat. Hari ketiga, ajak teman atau pasangan Anda untuk bermain tenis, badminton, squash atau sekedar jalan kaki bersama. Mengapa harus mengajak teman atau pasangan? Karena dengan begitu, akan semakin memotivasi Anda untuk rajin melakukan olah raga daripada jika Anda sendirian.

Hari ke empat adalah lakukan hal baru. Seperti mengambil kelas olah raga khusus yang ditawarkan pusat kebugaran. Jika Anda tetap memilih untuk jalan kaki dan jogging, pilihlah rute baru yang belum pernah Anda telusuri sebelumnya. Intinya, lakukan aktivitas fisik baru saat memulai tahun baru. Hal ini ditujukan untuk menambah semangat sekaligus menambah variasi olah raga. Hari ke lima, Anda akan merasa lebih baik dan kembali ke rutinitas aktivitas fisik seperti sebelumnya. Pada tahap ini, kombinasikan sejumlah olahraga. Mulailah dengan jalan kaki dan jogging, lakukan bergantian, jalan kaki satu menit diikuti dengan jogging 30 detik, seterusnya hingga 20 menit. Kalau Anda sanggup jogging 20 menit penuh, lakukan saja. Akhiri kombinasi latihan fisik ini dengan squat, lunges, push-up. Secara berurutan, lakukan squat20 repetisi, lunges 15 repetisi setiap kaki, push-up 10 repetisi, sit-up 10 repetisi. Usahakan jangan ada jeda istirahat di antara setiap set-nya. Lalu setelah menuntaskan semua gerakan, istirahat lah 1,5 menit lalu ulangi lagi dari awal.

Kembali bugar mengawali tahun dengan berolah raga secara rutin tentu saja membuat tubuh lebih bersemangat menerima tugas yang diberikan ketika di kantor. Pada hari keenam yang merupakan hari terakhir rangkaian penyemangat di awal tahun adalah relaksasi. Setelah menuntaskan tahapan yang boleh jadi cukup berat di hari kelima, pada hari keenam ini lakukan relaksasi. Kembalikan keseimbangan tubuh dengan yoga, pilates atau boleh juga dengan pijatan.

Tetapi tahap-tahap tersebut tidak boleh Anda tinggalkan setelah hari keenam berakhir. Justru Anda harus terus melakukannya setiap hari pada masa aktif Anda. Anda bisa mengaplikasikan olah raga tersebut setiap hari sebelum mulai beraktivitas di kantor. Misalnya Anda mulai menjadwalkan bangun jam 5.00 pagi. Setelah melakukan aktivitas di dalam rumah, biasakan jogging di sekitar komplek rumah Anda. Setiap week end, usahakan untuk mengikuti senam untuk mengembalikan mood dan kebugaran tubuh Anda. Jika kebiasaan sederhana ini Anda jalankan, bukan hanya kebugaran yang Anda dapat tetapi juga badan yang indah nan seksi.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Kembali Bugar Mengawali Tahun