November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Kemasan Produk Ditentukan dengan Beberapa Cara

By admin - Fri Oct 12, 4:55 pm

Kemasan produk tentunya berpengaruh pada minat konsumen untuk memutuskan akan membeli atau tidak. Karena kemasan produk adalah hal pertama yang dilihat oleh konsumen dan kemudian bisa menentukan ketertarikannya untuk membeli produk tersebut. Dengan begitu, produk yang kurang dikemas dengan baik tentu menjadi kurang dilirik oleh konsumen. Kemasan yang cantik akan mendukung sebuah produk untuk menjadi sebuah icon yang bisa membuat pelanggan selalu mengingat produk yang Anda jual. Untuk itulah kita harus berhati-hati dalam menentukan kemasan produk sebelum kita lempar ke pasaran. Karena sejatinya ada beberapa hal yang harus kita ingat dalam memilih kemasan produk, antara lain:

Kemasan produk1)  Target market. Ketika kita memutuskan untuk menjual sebuah produk, pastinya Anda juga sudah mempunyai target market atau pangsa pasar sendiri. Nah, penentuan target market ini kemudian bisa menentukan jenis dan model kemasan yang sesuai untuk produk yang akan Anda jual. Kemasan produk yang ditujukan untuk anak muda, anak-anak dan juga orang tua tentunya sangat jauh berbeda. Karena masing-masing dari target market yang disasar tersebut mempunyai selera yang berbeda-beda. Dengan begitu, dengan mengenali target market yang akan Anda sasar, Anda juga akan mengetahui desain kemasan yang lebih sesuai untuk masing-masing kalangan usia. Jenis dan model kemasan yang tidak sesuai dengan selera target market yang dituju justru akan membuat penjualan produk menjadi tidak maksimal.

2)  Kemasan produk juga harus ergonomis. Selain produk yang menarik, kemasan juga harus Anda buat semenarik mungkin atau bisa dibilang eye catchy. Produk dengan kemasan yang menarik mata dengan desain dan warna yang unik cenderung bisa menarik konsumen lebih banyak. Kemasan sebuah produk juga harus mempunyai nilai ergonomis yang bisa menonjolkan kenyamanan untuk konsumen atau penjualnya. Kenyamanan kemasan produk merupakan hal yang paling dicari oleh konsumen karena bisa memudahkan konsumen untuk bisa menikmati produknya. Selain itu, produk yang ergonomis juga praktis, nyaman dipegang, mudah dibawa dan lain sebagainya. Biasanya ada beberapa tipe konsumen yang lebih menyukai kemasan produk yang ergonomis, misalnya konsumen yang mempunyai tingkat mobilitas tinggi. Sehingga dia lebih senang dengan produk yang mengedepankan faktor kenyamanan suatu produk.

3)  Ciri khas. Sampai saat ini, sudah banyak sekali model dan jenis kemasan yang menarik. Nah, untuk lebih menarik perhatian banyak konsumen, Anda sebaiknya memilih kemasan yang berbeda dan unik. Bahkan jika perlu, Anda harus menjadikan kemasan produk menjadi salah satu cirri khas dari produk yang dijual. Karena bentuk kemasan yang unik dan juga berbeda bisa membuat para pelanggan akan selalu ingat. Bahkan mereka bisa juga menjadikan produk Anda sebagai ikon produk sejenis yang beredar di pasar. Cobalah untuk lebih memperhatikan detail kecil dari kemasan produk yang Anda jual. Jangan hanya karena produk lain yang sudah ada di pasaran lebih popular lantas Anda hanya ingin membuat kemasan yang sama dengannya. Hal ini tidak akan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda maupun bagi sang konsumen. Anda harus memberikan pembeda bagi produk Anda untuk bisa memikat mata dan hati konsumen.

4)  Kemasan produk harus mempertimbangkan ukuran. Sesuaikan kemasan dengan ukuran produk yang Anda jual. Agar tidak mudah rusak, hindari menggunakan kemasan yang terlalu besar atau terlalu kecil. Anda juga harus menyesuaikannya dengan kebutuhan konsumen Anda. Misalnya jika kita berbicara tentang produk minuman. Anda sebaiknya mengemas minuman dalam ukuran dua sampai tiga kali minum sudah habis agar lebih efektif. Jangan membuat ukuran botol terlalu besar jika produk yang Anda jual adalah minuman yang harus bisa habis sekali atau dua kali minum.

Special pack. Tidak lengkap rasanya jika menjual produk kemasan yang menarik tanpa memberikan promosi apapun. Cobalah untuk lebih jeli dalam melihat keadaan dan juga momen acara besar yang sedang terjadi. Misalnya pada saat hari raya, Anda bisa memberikan special pack dengan desain, warna sampai penawaran promo menarik lainnya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS