December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Kelebihan Reksadana Dibanding Obligasi, Saham dan Emas

By admin - Thu Jun 21, 4:45 pm

 

Kelebihan reksadana selalu dijadikan alasan masyarakat untuk lebih memilih investasi ini. Kelebihan reksadana jika dibandingkan dengan jenis investasi lain, misalkan obligasi, saham dan emas tentu lebih banyak. Tetapi masing-masing investasi yang banyak sekali bermunculan di luar sana pasti menawarkan keunggulan dan kelemahan tersendiri. Tetapi ada alasan tersendiri mengapa investor reksadana di Indonesia semakin membludak dibandingkan dengan jenis investasi yang lain.

Kelebihan reksadana

Terutama bagi investor pemula, reksadana merupakan pilihan bijak dan berikut adalah beberapa keunggulannya. Keunggulan pertama adalah minimum investasi relative kecil, yaitu mulai dari Rp 500.000 atau Rp 1 juta. Hal ini menjadi salah satu keunggulan yang paling diminati oleh para calon investor. Untuk pembelian di bank, biasanya harga mnimal berkisar antara Rp 25 juta sampai Rp 50 juta. Emas memang bisa dibeli 1 gram, namun umumnya harga per gram untuk 1 gram jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan membeli 100 gram. Keunggulan kedua adalah likuid dan mudah untuk ditransaksikan. Reksadana sangat mudah ditransaksikan kapan saja selama jam kerja. Likuid berarti mudah dicairkan. Semua reksadana sangat mudah dicairkan, jadi jika Anda membutuhkan dana secara mendadak, maka Anda bisa menarik uang Anda saat itu juga. Hal ini sangat berbeda dengan instrument investasi lain, misalnya deposito. Deposito harus diambil pada jangka waktu tertentu. Karena jika belum dalam jangka waktu tersebut sudah diambil, maka Anda akan dikenai denda.

Kelebihan reksadana yang ketiga adalah transparansi dan satu harga. Apabila prosedur yang diberlakukan tepat, maka bisa dipastikan bahwa Anda sebagai investor bisa melakukan transaksi pada harga yang sama. Hal ini tidak melihat besar kecilnya dana yang diinvestasikan. Yang perlu diketahui adalah bahwa harga reksadana hnaya ada 1 dan dipublikasikan keesokan harinya. Harga ini berlaku untuk perintah transaksi yang dijalankan sebelum jam 12.00 WIB atau jam 13.00 WIB. Sebaliknya, saham mempunyai harga penutupan dan harga yang diperoleh oleh investor bisa berbeda tergantung pada bid and offer yang dilakukan selama transaksi. Jika dibandingkan dengan harga obligasi tentu berbeda. Karena harga obligasi kurang transparan karena kurang likuid.

Keunggulan keempat adalah pengelolaan professional. Investasi reksadana pada dasarnya dilakukan karena sang investor tidak mempunyai waktu, akses, jumlah dana atau kemampuan untuk melakukan investasi pada obligasi dan saham. Jika Anda sebagai pemain baru, Anda juga bisa menyerahkan dana investasi untuk dikelola oleh agen di manajer investasi. Jika pengelolaannya professional, maka Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang maksimal walaupun Anda awalnya menyetor dana cukup minim. Kemudian ketika Anda sudah merasa mampu untuk mengelola dana investasi dan memainkannya sendiri, Anda juga diberikan kesempatan untuk memainkannya dan dibantu oleh manajer investasi.

Kelebihan reksadana tersebut di atas menjadi jawaban mengapa para investor lebih melirik reksadana sebagai pilihan investasi yang tepat. Tetapi yang pelru Anda perhatikan adalah cara kita mengelola atau memainkan dana investasi kita. Karena sejatinya, baik buruknya suatu investasi itu akan tergantung pada pengelolaannya. Karena setiap instrument investasi mempunyai keuntungan dan kelemahan sendiri-sendiri.

Perhatikan hal-hal secara mendetail tentang instrument-instrumen investasi yang Anda inginkan. Jangan sampai Anda salah langkah kemudian menyesal. Jika Anda membutuhkan informasi terkait dengan macam-macam investasi, Anda bisa membaca di berbagai media, bertanya kepada manajer inevstasi maupun bertanya pada kenala Anda yang mempunyai pengalaman dalam memainkan investasinya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS