November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Kelebihan New Wave Marketing

By admin - Wed May 02, 4:52 pm

New wave marketing merupakan praktek New Wave Marketing dengan low budget high impact. Karena itu, dalam kondisi krisis seperti sekarang ini, strategi New wave marketing penting untuk dikedepankan karena memiliki beberapa kelebihan seperti berikut ini. Kelebihan pertama adalah lebih menonjol sehingga mudah diperhatikan. Medium yang digunakan New Wave Branding, online maupun offline atau integrasi keduanya, sangat fokus, lain dari biasanya, dan atraktif. Alhasil, praktek pemasaran melalui New Wave Branding akan terlihat lebih menonjol sehingga mudah diperhatikan.

New wave marketing

Kelebihan kedua adalah lebih partisipatif dan interaktif. Dengan perkembangan information and communication technology(ICT) yang sangat pesat, yang ditandai dengan keberadaan internet dan seluler, praktek pemasaran New Wave Branding akan lebih memungkinkan terjadinya partisipasi dan interaksi dengan pelanggan yang lebih intensif. Kelebihan ketiga adalah lebih efisien. Branding konvensional merupakan praktek pemasaran berbiaya mahal tanpa ada kejelasan mengenai efektivitasnya. Ini jelas berbeda dengan New Wave Branding yang tidak boros anggaran tapi efektivitasnya dapat diukur.

New wave marketing juga memiliki kelebihan yang keempat, yaitu lebih terukur. Untuk menggelar beragam kegiatan pemasaran yang terpenting adalah efektivitasnya. Tanpa efektivitas kegiatan pemasaran akan sia-sia. Dan inilah yang banyak ditemukan dalam branding konvensional. Kelebihan kelima adalah lebih focus ke pelanggan. Strategi branding konvensional lebih mengedepankan entertainment daninformation value. Sebaliknya, New Wave Branding lebih fokus ke pelanggan karena lebih banyak menyediakan nilai-nilai yang dibutuhkan pelanggan seperti entertainment, information, explicit, intrinsic, extrinsic, experiential, social, talent, services, dan collaborative.

Kelebihan keenam adalah jarang dilakukan. Praktek New Wave Branding yang masih jarang dilakukan dan lebih atraktif dalam menyediakan instrumen promosi yang tidak hanya sekadar berkomunikasi. Tapi ada yang bersifat advocacy, ambassadorship, buzz, insight, real world feed-back, solutions, innovations, support, operational improvements, dan user generated content. Kelebihan ketujuh adalah berorientasi masa depan. Keberadaan New Wave Branding tidak terlepas dari perkembanganinformation and communication technology yang demikian pesat. Hal itu lantaran praktek New Wave Branding banyak memanfaatkan kemajuan teknologi seperti internet dan seluler yang tren pemanfaatannya terus meningkat. Setidaknya hal ini menunjukkan New Wave Branding merupakan praktek pemasaran yang berorientasi masa depan.

New wave marketing mengubah persepsi dunia marketing. Dunia marketing pun lambat laun dan mau tak mau harus ikut menyesuaikan dengan fenomena yang terjadi dilapangan. Mungkin sistem marketing yang dulu menerapkan “High cost and high impact”, sekarang mulai menuju ke dunia “Low cost and Hight impact”. Kenapa low cost? Karena dengan melihat jumlah pengguna internet yang semakin tumbuh tiap tahunnya, untuk memasarkan produk kini cukup hanya dengan memasarkannya melalui facebook, twitter, kaskus, atau melalui media online yang lain, yang tentunya dana yang dibutuhkan tidak besar jika harus menyebar pamphlet, brosur, atau melalui surat kabar.

Perusahaan yang menggunakan new wave marketing adalah Honda. Honda membuat sebuah acara Jambore nasional perkumpulan vario. Disini menurut saya mungkin Honda ingin menambahkan loyalitas pelanggan /konsumen terhadap vario dengan melibatkan mereka dalam suatu acara yang tentunya akan menambahkan loyalitas atau kecintaan mereka terhadap vario agar mereka tidak lari ke perusahaan pesaing. Juga dengan menambahnya loyalitas pelanggan terhadap suatu produk, maka secara tidak langsung pelanggan konsumen tersebut akan menjadi sales bagi perusahaan secara tidak langsung yaitu dengan memberikan rekomendasi barang yang dipakainya kepada temannya yang nantinya akan membeli suatu produk.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS