July 23 2014
  • 1
Jakarta, ID - 30 °CMostly Cloudy - Humidity: 66%
Advertisement

Kelebihan dan Kekurangan Penjualan Online

By admin - Tue May 01, 4:40 pm

Penjualan online mempunyai keunggulan dan kelemahan yang tentu harus disiasati. Penjualan online memang akan meningkatkan penjualan produk Anda. tetapi Anda juga perlu waspada pada kekurangannya. Kekurangan-kekurangan ini akan membuat usaha Anda menjadi tidak berkembang. Untuk itulah Anda harus berusaha untuk memperkecil kelemahan tersebut dan menonjolkan sisi manfaat dan positifnya. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda jadikan acuan.

Penjualan online

Kelebihan pertama adalah buka 24 jam. Sebuah toko fisik atau konvensional biasanya hanya buka beberapa jam saja misalkan dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam, di luar jam itu pembeli yang ingin melakukan transaksi tidak bisa terlayani lagi. dengan menggunakan toko online hal itu bisa teratasi. Sebuah toko online mampu menggelar dagangan 24 jam penuh. Kelebihan kedua adalah easier and faster to find anything. Proses mencari barang dapat dilakukan secepat kilat dari manampun asal tersedia koneksi internet, dan dapat dilakukan dari mana saja, dan juga proses pembadingan harga dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat tinggal membuka beberapa toko online dibandingkan harus mendatangi toko konvensional satu persatu.

Penjualan online mempunyai kelebihan yang keempat, yaitu low investment. Untuk mempunyai toko online biasanya modal yang diperlukan sangatlah jauh daripada kita harus membuka toko konfensional. Hanya perlu domain dan hosting. tanpa perlu menyewa tempat (seperti toko konvensional). Tanpa perlu untuk meng-hire / membayar karyawan. Dan asiknya lagi tanpa harus mempunyai barang yang dijual atau ditawarkan.

Selain kelebihan, berikut ada kelemahan yang bisa jadikan acuan untuk mengembangkan bisnis Anda. kekurangan pertama adalah unable cash and carry.Barang yang dibeli melalui toko online biasanya tidak langsung sampai ke tangan si pelanggan karena harus menunggu beberapa jam atau beberapa hari tergantung letak toko online tersebut karena adanya proses pengiriman. Si pembeli juga cendrung merasa was was jika melakukan proses pembayaran terlebih dahulu dan juga kadang dibebani ongkos kirim. Kelemahan kedua adalah informasi tentang produk hanya berupa teks dan gambar. Toko online biasannya hanya memasang text (penjelasan) dan gambar saja atau kadang juga berupa animasi. Hal ini juga menjadi kekurangan toko online karena di toko konfensional kita bisa memperhatikan detail daripada produk yang dijual secara detail.

Penjualan online saat ini sudah banyak orang yang berjualan lewat internet tetapi kebanyakan masih menggunakan blog yang umumnya gratisan seperti blogspot dan multiply. Sebaiknya jangan permalukan bisnis Anda dengan dengan layanan gratisan. Apalagi dengan adanya kasus multiply yang diblok akhir-akhir ini bisa menyebabkan kerugian terhadap bisnis kita yang kita pajang di multiply. Selain itu kalo dengan menggunakan blog, produk yang kita pasang terbatas, aksesnya juga lambat untuk review foto-fotonya. Pengunjung pun kurang leluasa untuk melihat produk-produk kita.

Karena itu untuk berjualan emang tepatnya kita makai toko online untuk memajang produk-produk kita. Kita bisa manage dengan mudah, memasang foto-foto dengan mudah pula. Selain ada fasilitas review harga dan deskripsi biasanya juga ada fasilitas keranjang belanja (shopping cart) yang bisa dipakai calon pembeli, fasilitas ini bisa dinonaktifkan kalo tidak ingin dipakai. Pembayaran pun bisa melalui paypal, kartu kredit atau transfer langsung. Ketika Anda membuka toko online dengan web gratisan, tingkat kepercayaan masyarakat juga hanya sedikit atau terbatas. Hal ini berbeda dengan menggunakan web berbayar. Selain fiturnya lebih lengkap, juga akan menciptakan rasa percaya. Karena logikanya, mereka akan berpikir bahwa tidak mungkin penipuan mau repot-repot menggunakan website berbayar dan sangat lengkap.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement