November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Kegagalan Inilah yang Biasanya Dialami oleh Pebisnis Pemula

By admin - Fri Feb 15, 4:36 pm

Kegagalan merintis usaha biasanya terjadi pada mereka yang baru merintis atau memulai sebuah usaha. Kegagalan merintis usaha ini bisa terjadi karena beberapa hal. Ada yang kurang membuat perencanaan bisnisnya secara matang sehingga akhirnya terjebak pada beberapa kesalahan yang berujung pada kegagalan. Tetapi ada juga pelaku usaha yang mengatakan bahwa merintis sebuah bisnis itu sebenarnya mudah karena mereka sudah mempersiapkannya dengan baik. Jadi, hasil yang didapatkan juga baik. Itulah sebabnya untuk Anda yang akan merintis sebuah usaha, harus membuat perencanaan yang matang. Berikut ini beberapa kegagalan yang biasanya terjadi pada pemula:

Kegagalan merintis usaha

  • Membuka usaha hanya karena ikut tren. Biasanya jika ada orang di sekitar yang sukses dengan satu jenis usaha, maka akan banyak yang kemudian ikut-ikutan untuk membuka usaha yang sama dengan orang tersebut. Padahal dengan usaha yang sama, belum tentu kesuksesan yang didapat juga sama. Karena jika Anda membuka sebuah usaha hanya karena latah, Anda sudah memulai satu kesalahan pembuka. Kesalahan ini sebaiknya Anda hindari mulai dari sekarang. Karena jika Anda tidak memahami seluk-beluk dan passion di dalam bisnis tersebut, maka untuk menjalankannya juga tidak akan semulus yang Anda pikirkan.
  • Kegagalan merintis usaha yang kedua adalah minim visi dan misi. Ketika Anda memutuskan untuk memulai sebuah usaha, maka Anda juga harus mempunyai visi dan misi yang jelas. Karena visi dan misi ini bertujuan untuk menentukan tujuan dan arah bisnis Anda. Sebaiknya dalam menjalankan usaha, Anda tidak boleh hanya sekedar spontan untuk jangka waktu satu atau dua bulan ke depan saja. Karena spontanitas dalam berbisnis hanya akan membuat Anda melupakan tujuan jangka panjang ke depannya. Seorang pelaku usaha tanpa mempunyai visi dan misi ibaratnya hanya akan jalan di tempat dan tidak akan menunjukkan perkembangan dan pertumbuhan yang signifikan.
  • Kurang tekun. Dalam mengelola sebuah usaha, Anda tidak hanya dituntut untuk mewujudkan ide yang Anda miliki menjadi sebuah peluang usaha, tapi Anda juga harus mampu mengelola ide tersebut menuju ke puncak kesuksesan. Jika Anda membutuhkan karyawan, sebaiknya Anda juga memastikan bahwa Anda merekrut karyawan dengan SDM yang baik agar bisa mengatur arus kas dengan baik. Karena jika aktivitas pengelolaan yang Anda jalankan masih kurang baik, bisa saja bisnis Anda akan gagal bersaing dengan bisnis yang lain.
  • Kegagalan merintis usaha yang keempat adalah belum siap menghadapi lonjakan permintaan. Ketika pertumbuhan bisnis mengalami peningkatan yang cukup pesat, tidak jarang ada pelaku usaha yang justru kewalahan menghadapinya. Mereka biasanya belum siap untuk menghadapi pertumbuhan bisnis yang terjadi dalam rentan waktu yang cukup singkat.
  • Individualis dan sulit untuk berbagi.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS