October 22 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Kebutuhan Akan Seorang Mentor

By admin - Fri Nov 23, 5:06 pm

Seorang mentor apakah memang dibutuhkan oleh pelaku usaha, khususnya para pemula? Seorang mentor akan menjadi penyemangat bagi pebisnis pemula. Seseorang tidak perlu takut untuk untuk mencoba peruntungan di dunia wirausaha. Selain modal mental yang kuat dan modal uang, seseorang juga harus mempunyai persiapan yang matang untuk menghadapi tantangan di dunia bisnis. Nah, di sinilah fungsi dari mentor itu sendiri.

Seorang mentorMentoring atau pendampingan dalam wirausaha bisa Anda dapatkan dengan berbagai macam cara, antara lain selalu mengikuti seminar, talkshow, maupun kegiatan-kegiatan wirausaha yang lain untuk bisa mendapatkan mentor. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan pendampingan melalui program penghargaan yang memberikan kesempatan pendampingan sebagai salah satu hadiahnya.

Seorang mentor akan membawa ke jalur yang tepat. Artinya, jika Anda mulai menjalankan roda bisnis Anda melenceng dari rel, maka sang mentor ini bisa membagi pengalaman dan pengetahuannya dengan Anda. Selain membantu Anda untuk meluruskan business plan yang sudah Anda susun, seorang mentor juga bermanfaat untuk mengingatkan Anda jika dalam menjalankan bisnis melakukan kesalahan. Misalnya dalam memilih lokasi. Lokasi menentukan prestasi. Hal inilah yang harus Anda perhatikan. Jika Anda salah menentukan lokasi, maka kesuksesan akan lebih sulit digapai. Misalnya ketika Anda ingin membuka restotam di sekitar kampus dengan harga yang selangit. Maka Anda bisa diingatkan untuk mengubah konsep Anda. Karena kampus yang penuh dengan mahasiswa akan lebih suka makan di tempat yang murah, nyaman dan enak. Di sinilah tugas seorang mentor untuk menunjukkan arah yang tepat. Dengan begitu, Anda akan lebih bisa menampilkan bisnis yang sesuai dengan kondisi pasar. Misalnya dengan mengubah konep resto menjadi konsep kafe yang sangat digemari oleh mahasiswa.

Seorang mentor atau pendamping bisnis ini akan sangat dirasakan manfaatnya bagi mereka yang masih pemula. Tidak bisa dipungkiri juga bahwa mentor ini akan menentukan keberhasilan bisnis yang dijalankan oleh pelaku usaha pemula. Nah jika saat ini Anda juga sudah mulai membuka usaha tetapi masih belum berkembang, And abisa meminta bantuan kepada seorang mentor untuk membantu Anda memaksimalkan potensi dan kesuksesan.

Kalaupun sang pelaku bisnis sudah percaya diri untuk melangkah sendiri, tetapi paling tidak dengan hadirnya sang pendamping akan lebih memaksimalkan potensi dan kesuksesan Anda. Minimnya pengalaman seorang entrepreneur muda sangat labil dan rentan untuk masuk ke jurang kegagalan. Untuk itulah, jika Anda memang termasuk pelaku usaha yang masih awam dan minim pengalaman, tidak ada salahnya meminta bantuan seorang mentor. Realitanya, memang tidak hanya di seminar saja Anda bisa mendapatkan mentor, jika Anda mempunyai kenalan atau orang tua yang bergelut di dunia bisnis dan sukses, maka Anda juga bisa memintanya menjadi mentor Anda. Semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS