November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Kayu Lukis Memberikan Daya Dorong Penjualan

By admin - Mon Feb 04, 4:58 pm

Kayu lukis adalah salah satu jenis kerajinan dari kayu yang sangat cantik dan kreatif. Kayu lukis ini pertama kali diperkenalkan di kaki Gunung Merapi, tepatnya di Desa Kaliurang, Yogyakarta. Keindahan alam yang digambarkan pada kayu akan membuat nuansa yang cantik dan indah. Home industry ini sangat kreatif karena mampu mengangkat kekayaan alam daerahnya dan memberdayakan masyarakat sekitar. Kayu lukis dengan ciri khas kaliurang ini memang sudah sampai ke pasar Internasional, tetapi masih belum banyak yang memproduksinya secara massal.

Kayu lukisIndustri kreatif ini mendorong Anda untuk lebih bisa inovatif dan bisa melihat kekayaan sekitar dengan lebih jeli. Terutama jika Anda hanya tinggal melanjutkan pasar yang sudah ada dari bisnis warisan keluarga Anda terdahulu. Eit, tapi tunggu dulu, walaupun bisnis warisan dan sudah mempunyai pasar, Anda juga tetap harus agresif dalam mempertahankan pasar dan juga membuka peluang pasar baru. Teruslha untuk menciptakan inovasi-inovasi agar bisnis Anda lebih berkembang daripada sebelumnya.

Kayu lukis bisa memanfaatkan kayu-kayu yang ada di sekitar daerah Anda. Anda bisa memproduksi berbagai macam jenis kayu lukis, mulai dari yang bersifat fungsional sampai yang bersifat non fungsional. Usaha ini bisa dilakukan dengan basis home industry. Produk-produk yang bisa Anda produksi antara lain tempat perhiasan, tempat tusuk gigi, nampan, gantungan kunci, tempat tissue, dan lain sebagainya.

Karena dengan terus berinovasi, maka Anda juga akan melakukan semua usaha positif untuk bisa memperkenalkan produk Anda ke dunia luar. Janganlah berlaku hanya ingin beres saja. Sebagai pelaku usaha, Anda juga harus mampu mengamati hal-hal kecil yang ada di hulu sampai hilir, misalnya dengan melibatkan diri langsung dengan pelatihan atau training selama 6 bulan untuk para karyawan baru.

Kayu lukis yang anda produksi agar laris manis di pasaran juga harus menggunakan metode pemasaran yang efektif. Untuk awal produksinya, Anda bisa memberlakukan pre-order jika modal Anda terbatas. Untuk produk kreasi dari kayu ini, proses produksinya membutuhkan waktu kurang lebih 1-2 bulan. Untuk pemasaran, Anda bisa mempromosikannya melalui dunia maya agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Misalnya sampai luar Jawa, seperti Makassar, Sumatera, Bali, dan lain sebagainya.

Pasar memang lebih memilih untuk membeli produk-produk fungsional jika dibandingkan dengan produk non fungsional, misalnya cepuk tempat perhiasan, tempat tusuk gigi, gantungan kunci, piring, lampu hias dan juga souvenir lain.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS