November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Karir vs. Keluarga

By admin - Thu Jan 05, 3:24 pm

 

Karir vs. keluarga memang dua hal yang tidak bisa dipilih salah satu karena dua-duanya penting dalam kehidupan Anda. Tetapi terkadang banyak wanita yang mempunyai karir yang menanjak dan mulai membangun keluarga biasanya akan mengalami perdebatan didalam dirinya sendiri tentang karir vs. keluarga. Tetapi jika dilakukan dengan niat yang tulus, kedua hal tersebut masih bisa untuk diseimbangkan dan saling menguntungkan. Berikut adalah tips untuk menyeimbangkan antara hubungan karir dan keluarga karena dua-duanya sama-sama mempunyai peranan penting.

Tips pertama adalah buatlah pasangan sebagai mitra sejajar. Jangan berusaha menjadi orang yang mampu mengatasi semua hal sendirian. Jangan sungkan untuk meminta bantuan pada pasangan, terutama dalam urusan pengasuhan anak. Dengan demikian Anda tidak akan merasa stres sendirian dan akhirnya merasa kelelahan seorang diri.

Karir vs. keluarga bisa diseimbangkan dengan tips kedua, yaitu fokus pada kegiatan yang Anda lakukan. Buatlah aturan untuk diri Anda sendiri untuk menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga. Jangan mencampur- adukkan masalah keluarga dengan pekerjaan. Fokuslah pada apa yang sedang Anda kerjaan saat ini, misalnya saat Anda bersama keluarga sebisa mungkin hindari mengerjakan pekerjaan kantor. Ketika bekerja, fokuslah pada pekerjaan yang sedang dilakukan. Sangat penting bagi Anda untuk memberi contoh pada karyawan atau rekan kerja Anda, bahwa Anda total bekerja. Jika mereka mengalihkan pembicaraan saat bekerja dengan berdiskusi tentang anak, bicarakan sebentar lalu kembalikan topik pembicaraan pada pekerjaan Anda.

Tips yang ketiga adalah atur waktu berkualitas untuk keluarga.  Seringkali ada berbagai pekerjaan mendadak yang harus segera Anda selesaikan di kantor, maka sebisa mungkin ciptakan waktu berkualitas bersama keluarga Anda. Jika Anda tidak bisa makan malam bersama di rumah, buatlah saat sarapan bersama keluarga menjadi waktu yang istimewa bersama keluarga.

Karir vs. keluarga juga bisa mulai diseimbangkan dengan tidur tepat waktu. Karena sekeras apapun Anda bekerja, buatlah waktu tidur Anda dan pasangan tidak terganggu. Pergilah tidur di waktu yang sama dengan pasangan Anda. Hal ini akan memancing gairah bercinta Anda dan pasangan Anda di ranjang. Tidur cukup juga bisa menghindarkan Anda dari serangan stres dan kelelahan fisik. Tips kelima adalah kenali banyak teman. Sesibuk apapun Anda, cobalah sesekali untuk menyempatkan diri berkunjung ke sekolah anak dan berteman dengan orangtua lainnya. Selain itu cobalah untuk berteman baik dengan pengasuh anak, dokter anak, dan lainnya. Hubungan yang baik ini tidak hanya akan membuat Anda memiliki banyak teman dan meningkatkan hubungan sosial Anda, tapi juga mempermudah Anda jika suatu saat Anda membutuhkan bantuan mereka. Selain itu, jalinlah pertemanan dengan beberapa ibu yang memiliki permasalahan yang sama dengan Anda dalam hal bekerja dan keluarga. Adanya persamaan kondisi ibu bekerja tak jarang akan memberikan berbagai bantuan, motivasi, support, serta jalan keluar ketika Anda menghadapi permasalahan ini.

Sukses yang seimbang antara karir dan keluarga akan membuat sebuah harmoni. Jiwa para pelakunya sekaligus fisik dan mental. Segala sisi akan secara seimbang bisa tumbuh dan berkembang. Di keluarga pula, seorang suami atau isteri akan merasakan kedamaian setelah terperangkap dalam suasana kerja yang cenderung hierarkis. Di dalam keluarga pula, segala penat dan lelah atas sejumlah pekerjaan bisa dilabuhkan. Dengan interaksi yang baik dan penuh kehangatan, sejumlah masalah yang seharian dihadapi di kantor akan dengan mudah dilupakan dan berganti dengan kegembiraan yang sebenarnya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Karir vs. Keluarga