November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Karakteristik Marketing Syariah

By admin - Thu May 03, 4:47 pm

Marketing syariah sudah mulai popular belakangan ini. Marketing syariah muncul setelah proses dan strategi marketing makin bermunculan di dunia usaha. Marketing menjadi sebuah ilmu yang sangat menarik untuk mempelajari. Mempelajari ilmu marketing cukup mudah hanya saja aplikasinya sangat sulit. Banyak sekali pihak marketer yang melakukan berbagai tipu daya guna mempengaruhi para calon konsumen untuk melakukan pembelian. Baik tipu daya secara sehat maupun tidak sehat. Seperti maraknya iklan-iklan pulsa yang mulai membodohi paa calon pembeli.

Marketing syariah

Ada satu ilmu marketing yang jarang diperbincangkan oleh banyak pihak. Salah satunya adalah marketing syariah. Marketing syariah adalah sebuah ilmu marketing yang dicontohkan oleh Nabi Muhamad SAW. Terdapat beberapa karakteristik tips markerting secara islami. Karakteristik pertama adalah mencintai konsumen. Konsumen adalah seorang raja yang harus dihormati. Berdasarkan konsep syariah, seorang marketer harus mencintai konsumen sebagaimana layaknya ia mencintai diri sendiri. Janganlah menipu pelanggan dan layani sepenuh hati. Ini adalah salah satu penangkis dari pembodohan terhadap konsumen dari fenomena yang kian marak saat ini.

Marketing syariah mempunyai karakteristik yang kedua, yaitu jujur. Karena jujur adalah sebuah brand. Saat memasarkan sebuah barang, ungkapkanlah kelemahan serta keuntungan dari produk tersebut. Sisi marketer konvensional adalah hanya mementingkan sisi keuntungan produk sedangkan sisi kelemahan produk tidak di tampilkan. Pemasaran jenis ini akan membahayakan konsumen yang pada akhirnya akan berdampak pada citra buruk bagi perusahaan.

Karakteristik ketiga adalah segmentasi a la Nabi. Nabi pernah marah saat melihat pedagang menyembunyikan jagung basah di sela-sela jagung kering. Hal itu berbanding terbalik dengan perdagangan Nabi yang pada saat menjual barang dia selalu menunjukkan bahwa barang ini bagus karena ini, dan barang ini kurang bagus, tapi harganya murah. Pelajaran dari kisah itu adalah bahwa Nabi selalu mengajarkan agar kita memberikan good value untuk barang yang dijual. Sekaligus Rasulullah mengajarkan segmentasi: barang bagus dijual dengan harga bagus dan barang dengan kualitas lebih rendah dijual dengan harga yang lebih rendah. Dalam soal segmentasi ini, Yamaha Motor adalah salah satu perusahaan yang bisa dijadikan teladan. Dia menciptakan motor Yamaha Mio, dengan mesin ber-cc kecil, tapi otomatis, dan mudah penggunaannya untuk segmen pasar perempuan. Dialah pelopor industri motor yang membidik segmen ini, segmen yang sebelumnya selalu dilupakan pesaing lain. Hasilnya, dengan Mio Yamaha menyodok Honda dan menjadi penjual nomor satu di Indonesia 2007 ini.

Marketing syariah mempunyai karakteristik yang keempat, yaitu penuhi janji. Nilai sebuah produk harus disesuaikan dengan apa yang dijanjikan. Hal ini akan menjamin kepuasan dari pelanggan. Sebagai contoh adalah di Indonesia dimana Bank Syariah Mandiri sebagai bank syariah terbaik karena didukung oleh call centre yang berkualitas yang akan menjamin hal yang ia janjikan kepada para pelanggan. Syariah marketing sangat menarik untuk dipelajari. Banyak sekali keuntungan dengan mengaplikasikasikan syariah marketing pada bisnis yang Anda kelola. Semoga sukses dalam berbisnis. Marketing syariah bukan hanya sebuah marketing yang ditambahkan syariah karena ada nilai-nilai lebih pada marketing syariah saja, tetapi lebih jauhnya marketing berperan dalam syariah dan syariah berperan dalam marketing. Marketing berperan dalam syariah diartikan perusahaan yang berbasis syariah diharapkan dapat bekerja dan bersikap profesional dalam dunia bisnis, karena dengan profesionalitas dapat menumbuhkan kepercayaan kosumen. Syariah berperan dalam marketing bermakna suatu pemahaman akan pentingnya nilai-nilai etika dan moralitas pada pemasaran, sehingga diharapkan perusahaan tidak akan serta merta menjalankan bisnisnya demi keuntungan pribadi saja ia juga harus berusaha untuk menciptakan dan menawarkan bahkan dapat merubah suatu values kepada para stakeholders sehingga perusahaan tersebut dapat menjaga keseimbangan laju bisnisnya sehingga menjadi bisnis yang sustainable.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS