December 9 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Kain Tradisional Pun Bisa Jadi Peluang yang Menggiurkan

By admin1 - Thu Jun 05, 4:37 pm

Kain tradisional ternyata tidak hanya sebatas kebudayaan yang hanya bisa dinikmati jika seseorang berkunjung ke daerah tertentu. Kain tradisional ini bisa menjadi potensi bisnis bagi anak daerah yang juga ingin memperkenalkan daerahnya ke dunia luar. Anak muda harusnya bisa melihat peluang ini untuk bisa mengangkat potensi daerahnya agar bisa terus berkembang dan sukses. Dengan ide yang menarik dan unik, kain dari daerah tertentu bisa menjadi produk kerajinan jadi yang unik dan mempunyai daya jual dan nilai jual yang tinggi, baik di pasar lokal maupun pasar Internasional.

Kain tradisionalJika Anda tertarik untuk mengangkat potensi daerah Anda, coba fokus apa yang bisa Anda jual. Misalnya Anda berasal dari daerah Rembang, di sana ada batik tulis yang bisa Anda kembangkan di luar daerah Rembang, khususnya Lasem. Batik tulis mempunyai daya jual yang tinggi, terbukti dari harganya yang mahal dan biasanya diekspor. Tidak semua orang mengenal batik Lasem karena di kalangan masyarakat Indonesia, batik Lasem tidak merakyat seperti batik Pekalongan atau batik Solo. Tapi begitu seseorang melihat motifnya, kebanyakan akan tahu kalau ini adalah batik Lasem. Motif batik Lasem memang sangat khas dengan kentalnya unsur Tionghoa di setiap goresan malam.

Kain tradisional tidak hanya bisa Anda jula secara mentah berbentuk kain batik saja. Anda bisa mengolahnya menjadi kerajinan tangan yang lain, dompet dan sepatu dari batik. Kain batik memang mulai banyak yang menggemari sejak diakui sebagai warisan kebudayaan Indonesia. Motif, corak dan model dompet dan sepatu yang Anda produksi tentunya harus melihat perkembangan pasar. Jika Anda menyasar semua kalangan, baik anak-anak, muda sampai tua, Anda bisa membuat model sesuai dengan masing-masing kategori. Pastikan juga Anda menentukan kalangan mana yang Anda sasar, apakah kalangan menengah ke bawah atau menengah ke atas. Karena harga yang Anda usung sangat berpengaruh pada kemampuan finansial pangsa pasar yang Anda bidik.

Jika Anda serius ingin membuka peluang dari batik, segerakan niat Anda. Segeralah belajar tentang batik cap, batik tulis maupun printing agar Anda bisa membuat ide untuk mengkreasikannya ke dalam beragam jenis produk fashion. Walaupun untuk memproduksi sepatu dan dompet Anda bisa menggandeng pengrajin asli, tetapi Anda juga perlu mengetahui seluk-beluk dunia kerajinan ini sebagai antisipasi jika suatu saat terjadi kesalahan atau hal-hal yang tidak diinginkan. Belajar desain adalah hal yang utama yang harus Anda pelajari. Dengan belajar desain, Anda akan lebih tahu apa yang diinginkan konsumen.

Kain tradisional untuk bahan baku kerajinan ini bisa disesuaikan motif dan coraknya asalkan tidak menghilangkan nuansa asli dari batik yang Anda proses. Untuk pemasaran, Anda bisa memanfaatkan sosial media dengan maksimal. Berikan detail yang tepat pada konsumen agar mereka merasa percaya pada Anda. Banyak pengrajin kain batik perorangan yang bisa Anda ajak kerjasama. Untuk meminimalisir modal usaha, Anda bisa menggunakan sistem PO atau pre order. Jadi ketika ada yang pesan, barang baru dibuat. Untuk pembuatan sepatu dari kain batik ini biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 hari.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513