November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Jenis Usaha yang Tetap Cemerlang di Saat Krisis

By admin - Mon Aug 06, 4:42 pm

 

Jenis usaha yang tahan banting pada waktu terjadi krisis tentu harus Anda lirik. Jenis usaha seperti inilah yang nantinya akan berkembang lebih cepat dan lebih mapan daripada jenis usaha yang lain. Ketika terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi, sebanarnya ada beberapa sector perekonomian yang cenderung tumbuh dan naik. Ada beberapa juga yang tumbuh secara eksponensial. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis yang bisa Anda lakukan di situasi krisis seperti ini.

jenis usaha

10 sektor usaha yang akan terus tumbuh subur di saat krisis adalah sebagai berikut. Sector pertama adalah sector jasa. Sector ini akan tetap memberikan kontribusi setengah dari kegiatan ekonomi yang terus tumbuh dan berkembang ketika krisis. Di dalam kondisi krisis seperti ini, dibutuhkan layanan atau layanan baru yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Misalnya jasa pengiriman sering menjadi sarana yang sangat dibutuhkan dan diminati oleh masyarakat karena mereka lebih memilih untuk mengirimkan barang mereka melalui jasa kirim daripada mengantarkan secara langsung (apabila ke luar kota).

Jenis usaha yang tetap tumbuh saat krisis yang kedua adalah took diskon. Toko yang menyediakan harga di bawah harga rata-rata toko lain pasti mampu mendatangkan konsumen yang lebih banyak. Karena harga rendah selalu disebabkan oleh lebih banyak penjualan. Coba Anda bandingkan dan lihat beberapa toko yang terkenal dengan harganya yang murah, pasti konsumen berbondong-bondong mendatangi toko ini dengan berbagai macam list belanja yang beragam. Apakah Anda ingin mendapati konsumen yang seperti ini? Coba evaluasi apakah harga barang di toko Anda sudah lebih murah dari pesaing Anda atau belum.

Jenis usaha yang ketiga adalah fast food. Makanan cepat saji makin digemari oleh masyarakat. Fenomena fast food ini pastinya sudah bisa Anda temui di beberapa daerah di Indonesia yang mulai bermunculan, baik fast food local maupun fast food dari luar Negeri. Jenis usaha yang keempat adalah usaha barang bekas. Di berbagai tempat, barang bekas sudah menjelma menjadi barang yang bisa menghasilkan keuntungan yang sangat banyak. Hal ini dikarenakan masyarakat lebih kreatif dan ingin mendapatkan sesuatu yang indah tetapi dengan harga yang terjangkau. Jika Anda mempunyai kreativitas cukup tinggi, Anda bisa menyulap bahan-bahan bekas menjadi barang-barang yang bernilai guna dan seni tinggi. Misalnya menyulap kertas bekas menjadi figura, dan lain sebagainya.

Jenis usaha yang kelima adalah real estate. Pad saat krisis, sangat banyak dibutuhkan real estate, terutama untuk rumah sakit dan klinik. Selanjutnya untuk jenis usaha yang keenam adalah netbook. Saat ini, netbook sudah menjadi kebutuhan semua orang, baik anak sekolah sampai orang dewasa yang sudah bekerja. Karena kebutuhan akan netbook sudah menjadi kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat. Untuk itulah Anda harus bisa mengambil peluang usaha ini. Tahun lalu, penjualan netbook mini yang berkisar antara 3-5 juta ini meningkat drastic. Netbook mini ini sangat cocok untuk masyarakat perkotaan yang bersifat dinamis.

Jenis usaha yang ketujuh adalah usaha pendidikan dan perawatan kesehatan. Industry ini mulai menjamur di berbagai Negara, termasuk Indonesia. Industry ini diperkirakan akan mampu menyerap 5,5 juta pekerja dari tahun 2006-2016. Jenis usaha yang kedelapan adalah tabungan. Contoh dari jenis usaha ini adalah koperasi dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Kemunculan koperasi dan BPR yang sangat cepat membuktikan bahwa masyarakat ingin menyimpan uangnya di tempat yang aman untuk terhindar dari dampak krisis. Penjualan produk atau jasa yang mengalami peningkatan adalah produk deposito, tabungan dan lain sebagainya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS