December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Jenis Pasar yang Bisa Dibidik untuk Usaha Anda

By admin - Tue Jun 19, 4:47 pm

Jenis pasar yang bisa Anda bidik untuk kelancaran usaha Anda ada 4 golongan, yaitu pasar konsumen, pasar industry, pasar penjual dan pasar pemerintah. Jenis pasar yang pertama adalah pasar konsumen. Pasar konsumen merupakan pembeli yang membeli barang untuk dikonsumsi sendiri. Jadi, tidak untuk dijual lagi maupun dip roses lebih lanjut. Kelompok yang termasuk ke dalam jenis pasar konsumen adalah pembeli individu dan pembeli rumah tangga non-bisnis. Kebanyakan barang yang dibeli adalah barang konsumsi. Jenis pasar ini adalah jenis pasar yang paling mudah dimasuki, walaupun tentu saja mempunyai pesaing yang sangat banyak. Tetapi asalkan Anda menerapkan taktik pemasaran yang tepat, maka Anda akan sukses di pasar ini.

jenis pasar

Jenis pasar yang kedua adalah pasar industri. Di pasar industry, para pembeli semakin beragam, yaitu individu, lembaga maupun organisasi. Cara pemanfaatannya pun beragam, ada yang dipakai sendiri, baik secara langsung maupun tidak langsung, ada juga yang digunakan untuk memproduksi barang lain untuk dijual. Barang dagangan di jenis pasar ini biasanya adalah jenis barang industry. Misalnya vaselin dan sabun untuk usaha cuci motor, maupun buah dan gula untuk usaha jus buah.

Jenis pasar yang ketiga adalah pasar penjual. Pasar ini adalah pasar yang terdiri atas individu maupun organisasi yang membeli barang-barang dengan tujuan dijual kembali maupun disewakan. Tujuannya adalah agar mendapatkan keuntungan atau laba. Misalnya Anda membuka toko kelontong, dan Anda membeli produk-produk secara grosir kemudian mengambil untung dengan menjualnya secara ecer maupun grosir. Contoh lain adalah ketika Anda membeli bandeng mentah kepada petani bandeng di Juwana kemudian menjualnya kembali di Semarang untuk diolah menjadi olah-olah bandeng duri lunak, dan lain sebagainya.

Jenis pasar yang keempat adalah pasar pemerintah. Pasar jenis ini pasti sudah banyak dikenal public. Pasar jenis ini adalah pasar dimana terdapat lembaga-lembaga pemerintah, seperti departemen-departemen, direktorat, kantor-kantor dinar dan instansi lain. Jenis produk yang dijual adalah pengadaan barang. Untuk memasuki pasar pemerintah ini, Anda harus melalui lelang proyek atau tender dari pemerintah. Pengadaan barang ini bisa berupa pengadaan peralatan kantor, pembangunan jalan, pengadaan seragam pegawai negeri dan lain sebagainya.

Jenis pasar mana yang cocok dengan kriteria usaha Anda? Dari pengertian tersebut di atas, seharusnya Anda juga bisa menarik kesimpulan pasar mana yang cocok dengan usaha Anda. untuk mengetahui jenis pasar mana yang cocok dengan produk Anda, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Penasehat. Anda membutuhkan saran dari penasehat yang mempunyai pendidikan dan pengalaman lebih besar daripada Anda. Yang membutuhkan jasa ini adalah wirausaha sebagai akuntan, pengacara, perencana keuangan, jasa konseling, konsultan pemasaran dan lain sebagainya.
  2. Perantara. Di dunia nyata, perantara ini biasanya disebut sebagai makelar. Makelar akan membantu Anda mencari atau menjual sebuah produk atau jasa. Sebagai seorang perantara, Anda tidak membutuhkan modal karena Anda hanya membutuhkan kartu nama dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  3. Pembangun. Yang termasuk kedalam hal ini adalah tukang pipa, tukang listrik, tukang ledeng dan lain sebagainya. Tipe ini membutuhkan keahlian khusus yang dibutuhkan banyak orang.
  4. Pencipta. Jenis ini cocok untuk Anda yang emmpunyai visi. Yang termasuk ke dalam jenis ini adalah pendiri bisnis, desainer grafis, dan lain sebagainya. Jenis ini membutuhkan tingkat kreativitas yang tinggi yang dipadukan dengan kemampuan yang lain.
  5. Pemilik. Tipe bisnis ini bisa menjadi investor yang menyetorkan sejumlah dana untuk modal usaha, misalnya berinvestasi di real estate, saham, dan lain sebagainya.
  6. Penjual. Jenis bisnis ini tidak akan membuat Anda merasa lapar. Artinya, sepanjang Anda pintar menjual, maka kesuksesan akan menghampiri Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS