December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Jenis-Jenis Kerjasama di dalam Bisnis Online

By admin - Wed Jun 27, 9:00 pm

Kerjasama di dalam bisnis online ada berbagai macam dan keuntungan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Kerjasama di dalam bisnis online terkadang juga membuat banyak sekali pengguna internet yang kebingungan dengan beragam istilah yang tersebar. Berikut ini adalah beberapa jenis kerjasama yang bisa Anda pilih untuk bisnis Anda. Yang pertama adalah bisnis afiliasi. Bisnis afiliasi adalah bentuk kerjasama dimana pemasar bertindak sebagai kepanjangan tangan dari tim marketing si pemilik produk. Tugas utama sang pemasar ini adalah mencari pembeli bagi produk tersebut.

Kerjasama di dalam bisnis onlineUntuk menjadi pemasar produk ini tidak dituntut untuk memberi ganti rugi, menjelaskan produk maupun garansi. Dan uniknya lagi adalah bahwa sang pemasar afiliasi tidak perlu membayar apapun untuk memasarkan produk tersebut. Jika dilihat dari sisi resiko, jenis bisnis ini bisa dikatakan tapa resiko. Karena katakanlah jika Anda tidak mendapatkan pembeli, maka Anda tidak akan rugi apapun. Kekurangan dari bisnis ini adalah nama Anda tidak akan menjadi terkenal karena Anda berdiri di belakang nama pemilik produk. Jadi apabila konsumen merasa puas dengan produk yang Anda pasarkan, maka yang akan terkenal adalah si pemilik produk, bukan Anda sebagai pemasar.

Kerjasama di dalam bisnis online yang kedua adalah sebagai reseller. Reseller merupakan bentuk kerjasama yang lebih besar lagi. Tugas pemasar di dalam bisnis ini adalah membeli produk dalam jumlah besar yang kemudian menjualnya lagi dengan harga yang baru setelah Anda mengambil keuntungan. Di dalam bisnis reseller, Anda menentukan sendiri berapa keuntungan yang ingin Anda raih. Hal ini tentu berbeda dengan bisnis affiliate karena affiliate tidak mengharuskan Anda untuk membeli produknya terlebih dahulu.

Affiliate dan reseller hampir membuat masyarakat bingung karena disangka sama padahal berbeda. Seorang reseller juga bisa membuat web sendiri dan memasarkan produknya dengan harga dan caranya sendiri. Misalnya yang sedang trend sekarang adalah online shop baju wanita. Anda bisa membeli baju dalam jumlah banyak dan diberikan harga reseller oleh produsen pertama. Kemudian Anda bisa mengganti labelnya sehingga menjadi merk Anda sendiri dan dengan harga yang Anda inginkan. Bisnis reseller biasanya mengacu pada produk-produk yang bisa habis, misalnya real estate, baju, buku, dan lain sebagainya.

Kerjasama di dalam bisnis online jenis yang ketiga adalah drop shipping. Jenis ini baru muncul di Indonesia walaupun sebenarnya sudah sangat lama dan sudah sangat dikenal di luar negri. Dropshipping merupakan gabungan antara affiliasi dan reseller. Perbedaan antara reseller dan affiliasi adalah pada cara pembelian produk dan cara pengambilan keuntungan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, reseller mengharuskan Anda untuk membeli dalam jumlah besar terlebih dahulu. Sedangkan affiliasi tidak memungkinkan Anda untuk mengatur sendiri harga barang tersebut, jadi hanya ketika ada penjualan Anda dapat komisi. Setelah digabung menjadi dropshipping, maka Anda bisa membeli produk (walaupun 1 unit) dengan harga gudang untuk dijual lagi dan Anda bisa menenukan berapa harga jual kembalinya. Tetapi ketika Anda mendaftar sebagai dropshipping, Anda harus registrasi dulu dan tentu saja ada biaya pendaftarannya.

Jenis yang keempat adalah master resale right / private label right (MRR/ PLR). Kedua jenis ini yang membedakan hanyalah pada produknya. Misalnya prouk MRR biasanya lebih berat, seperti software, ebook, script dan lain sebagainya. Sedangkan untuk PLR adalah untuk artikel yang maksimal panjangnya adalah 1.000 kata. Bisnis ini tergolong yang paling menguntungkan. Karena Anda bisa membeli 1 copy MRR/PLR dan kemudian Anda bisa menjualnya dengan harga yang Anda tentukan sendiri dan bisa berkali-kali dijual dengan nama atau merk Anda sendiri.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS