November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Jenis Dress Code

By admin - Mon Jan 09, 8:29 pm

 

Dress code seringkali dikenakan untuk menghadiri suatu acara. Dress code, dalam kamus bahasa Inggris Oxford, diartikan sebagai peraturan yang menyebutkan dengan spesifik tata cara berpakaian yang disarankan untuk pergi ke sekolah, kantor, restoran, dan lain-lain. Definisi lain, seperti terdapat dalam Kamus Mode Indonesia, adalah aturan berbusana, baik tertulis maupun lisan, yang diterapkan di tempat-tempat tertentu atau dalam kesempatan/peristiwa tertentu, seperti pesta dan peringatan.

Dalam kehidupan sehari-hari, kata dress code sering kali kita jumpai dalam undangan, baik yang sifat acaranya resmi maupun personal. Aturan berpakaian yang terdapat dalam undangan tersebut biasanya menggunakan kata-kata yang sudah umum digunakan dalam dunia busana, seperticocktail, kasual, white tie, dan black tie, yang disesuaikan dengan suasana acara. Kode-kode ini makin bervariasi, bergantung pada jenis acara dan keinginan si pengundang. Pada bulan Ramadhan tahun lalu, misalnya, kaftan menjadi busana favorit. Adapun cheongsam, baju dengan ciri kerah tinggi, identik dengan perayaan Tahun Baru Imlek. Selain itu, ada pula aturan busana yang didasarkan pada materi kain tertentu, seperti batik, tenun, atau denim, ataupun yang menggambarkan sifat, seperti elegan atau glamor.

Dress code mempunyai tujuan untuk kedua belah pihak, yaitu bagi penyelenggara acara dan bagi tamu undangan. Bagi penyelenggara acara, menentukan aturan berbusana bertujuan memunculkan nuansa khusus dalam acaranya. Sementara bagi yang diundang, aturan ini mempermudah menyesuaikan busana dengan tema acara. Busana sebaiknya tak hanya disesuaikan dengan peraturan yang tertera dalam undangan, tetapi juga dengan tempat acara. Misalnya, busana bernuansa putih untuk acara di hotel akan berbeda dengan nuansa putih yang acaranya diselenggarakan di taman. Jadi, perhatikan juga di mana acara tersebut digelar.

Berikut ada beberapa ungkapan yang bisa Anda pelajari lebih lanjut. Pertama adalah cocktail. Jenis acara: acara semi formal, dimana tamu biasanya tidak disediakan tempat duduk khusus. Umumnya makanan yang disajikan adalah makanan kecil dan cocktail. Busana yang dikenakan adalah busana cocktail bisa mini atau di bawah lutut sedikit. Model yang dipilih pun bisa lebih atraktif, begitu pula dengan warnanya. Aksesori yang pas yaitu berbagai sepatu dari pump shoes klasik hingga ankle boots cocok dikenakan untuk pesta ini. Sementara untuk tas, Anda bisa membawa tas yang berukuran agak besar seperti clutch besar, misalnya.

Dress code yang ketiga adalah smart. Jenis acara: kasual yang sedikit resmi. Biasanya acara dengan dress code seperti ini adalah acara kantor atau yang berhubungan dengan bisnis atau akademi. Busana yang dikenakan:  Busana yang kasual namun tetap resmi. Tampilan busana Anda harus mencerminkan Anda adalah seorang profesional, meskipun busana yang dikenakan terlihat lebih santai. Contoh busana adalah padanan rok dan turtle neck, celana khaki dengan blus lengan pendek dipadukan dengan kardigan atau jaket. Hindari memakai jeans. Aksesori yang pas adalah yang mempunyai harmoni dengan busana Anda, baik dari segi warna maupun bahan. Pilih sepatu flat atau yang berhak pendek seperti kitten heels. Anda boleh memakai perhiasan, namun jangan berlebihan.

Kelima adalah casual chic. Jenis acaranya beragam, dari makan malam hingga acara kantor. Busana yang dikenakan adalah Busana yang menampilkan tampilan santai namun tetap sophisticated. Anda bisa mengenakan jeans warna gelap dengan blus satin yang feminin atau memadukan dress dengan sepatu sandal kasual. Santai dan berkelas. Pilih aksesori yang klasik untuk membuat gaun modern Anda menjadi seimbang. Keenam adalah white. Acaranya sangat formal, terutama ditujukan untuk pesta di kalangan keluarga kerajaan. Contoh pesta lain adalah malam amal dan pertunjukan opera. Menggunakan gaun pesta yang menjuntai hingga lantai. Biasanya gaun pesta yang dikenakan adalah ball gown (gaun dengan rok lebar ala putri raja). Terakhir adalah black. Acaranya formal dan diadakan malam hari, namun dibandingkan white tie, black  tie jauh lebih santai. Pesta dengan dress code ini biasanya diadakan sangat tertutup, baik berupa makan malam maupun pesta dansa. Gaun yang digunakan adalah gaun malam dengan panjang bervariasi, dari bawah lutut hingga semata kaki. Sebaiknya gaun terbuat dari sifon, velvet, satin, atau sutera dan mutiara cocok untuk gaun Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Jenis Dress Code