December 9 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Jangan Tunggu Mapan untuk Memulai Sebuah Usaha

By admin1 - Mon Apr 14, 4:24 pm

Memulai sebuah usaha memang butuh modal yang tidak sedikit. Maka tak heran jika untuk memulai sebuah usaha banyak orang yang harus berpikir ulang untuk mapan secara finansial terlebih dahulu. Tapi jika kita hanya mengikuti prinsip tersebut, kapan kita bisa memulai usaha? Tidak mungkin kan memulai bisnis ketika kita sudah beranjak tua? Karena pastinya kita juga ingin menikmati buah kesuksesan dari usaha kita bukan?

Memulai sebuah usahaSalah satu faktor yang menjadi momok memulai usaha adalah faktor kegagalan. Untuk bisa menikmati manisnya berbisnis, kita harus berani menghadapi resiko yang ada. Belajarlah untuk menjauhi atau menghadapi resiko kegagalan yang terus mengintai. Menunda-nunda langkah awal hanya untuk alasan kemapanan hanya akan membuang waktu kita dengan percuma. Modal yang minim bisa disiasati dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggali potensi diri semaksimal mungkin. Ini dia beberapa cara yang bisa kita terapkan:

  • Tentukan target. Tentukan kapan Anda akan memulai usaha Anda. Anda harus menentukan kapan Anda akan memulai usaha Anda walaupun Anda belum mempunyai modal yang memadai. Tuliskan target ini di buku catatan/ buku agenda. Tuliskan rangkaian lengkap tentang jenis usaha, kapan tanggal, bulan dan tahun mulainya.
  • Amati peluang di sekitar. Memulai sebuah usaha artinya harus bisa jeli melihat peluang yang ada di sekitar. Ini merupakan salah satu modal utama selain modal uang. Dengan mempunyai kejelian dalam melihat peluang dan kreatif dalam mengeksekusinya, maka tak sulit untuk menjadi pebisnis sukses dan tangguh di lapangan. Misalnya ketika musim kampanye seperti sekarang, Anda harus bisa memanfaatkannya, yaitu dengan membuka jasa pembagian selebaran partai atau caleg, membuka jasa sablon kecil-kecilan, dan lain sebagainya.
  • Tidak takut memulai dan mau belajar. Jangan malu atau takut untuk terus menggali ilmu dari orang-orang di sekitar, khususnya mereka yang sudah sukses di dunia bisnis. Ilmu sekecil apapun harus Anda ambil untuk bekal Anda menuju sukses itu sendiri. Jangan segan untuk mengikuti setiap acara yang memungkinkan untuk Anda ikuti, seperti sharing bisnis, seminar, pelatihan bisnis, dan lain sebagainya.

Memulai sebuah usaha juga membutuhkan mental yang kuat. Anda harus mampu memberikan dorongan dan motivasi pada diri Anda sendiri. Sedikit saja Anda merasa tertekan dan menyerah, maka rasa untuk memulai dan melanjutkan usaha Anda pun akan semakin mengikis. Jaga motivasi dalam diri Anda sebaik mungkin. Pun setelah memulai dan kesuksesan mulai datang, Anda harus menjaga mood Anda agar tetap stabil. Atau paling tidak, jangan sampai Anda mencampurkan masalah pribadi dan masalah bisnis. Pelajari juga tentang manajemen yang baik agar usaha Anda berjalan dengan semestinya.

Semoga berhasil.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513