November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Jadilah Teman bagi Konsumen Anda

By admin - Tue Oct 16, 5:06 pm

Berteman dengan konsumen bukan berarti Anda bisa bebas dan kebablasan dan berperilaku dan berkomunikasi. Berteman dengan konsumen bisa menjadi tips marketing yang bisa diandalkan. Tetapi di sini Anda harus bisa bersikap selalu kreatif dan inovatif agar bisa meyakinkan calon konsumen. Jadi, tidak jarang sebagai pelaku pasar, Anda harus sedikit agresif untuk bisa meyakinkan calon konsumen. Tidak hanya itu, Anda juga harus mau meluangkan waktu untuk sekedar mendengar para konsumen untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan dan dicari oleh para calon konsumen.

Berteman dengan konsumenPemasaran yang terlalu agresif atau satu arah jika dilakukan di jaman sekarang rasanya sudah tidak efektif lagi. Sebuah produk yang dipasarkan dengan melakukan strategi pemasaran yang terlalu agresif justru akan membuat para konsumen tidak nyaman dan bahkan lari dari produk Anda. Karena strategi marketing yang seperti itu bisa membuat calon konsumen cepat bosan dengan penawaran yang Anda sampaikan. Jadi, Anda tidak heran kan mengapa sebagian besar masyarakat lebih suka menghindari para sales atau pelaku pasar? Hal ini dikarenakan mereka sudah tidak lagi menaruh respect terhadap cara yang dilakukan dan mulai jenuh dengan penawaran yang dilakukan. Itulah sebabnya, sebelum Anda menawarkan sebuah produk atau jasa kepada calon konsumen, cobalah untuk menjadi teman bagi para konsumen dan calon konsumen Anda kemudian penuhi kebutuhan yang mereka butuhkan dan inginkan. Lalu, masalahnya sekarang adalah bagaimana caranya Anda bisa membangun hubungan yang baik dengan para konsumen. Nah, berikut ini beberapa tips pemasaran yang bisa Anda jalankan untuk bisa mendekatkan diri Anda dengan para calon konsumen sebagai teman dekat.

Berteman dengan konsumen bisa dilakukan dengan cara yang pertama, yaitu dengan membangun hubungan personal sebelum Anda menyampaikan penawaran lebih lanjut. Karena pada dasarnya, setiap konsumen tidak ingin menjadi sasaran empuk bagi para pelaku usaha yang ingin menjual produk dan jasanya. Jadi, para konsumen lebih suka dengan para pelaku usaha yang benar-benar care dan membuat konsumen nyaman dengan keberadaannya serta bisa memahami keinginan dan kebutuhan konsumen. Untuk itulah, Anda harus bisa membangun hubungan baik dengan calon konsumen sebelum akhirnya menawarkan sebuah produk atau jasa.

Kedua, hindari kesan “menceramahi” konsumen. Sebagai pelaku usaha, sebaiknya Anda bisa menghindari sedini mungkin strategi marketing satu arah. Anda harus bisa menganggap konsumen sebagai sahabat dekat Anda, kemudian Anda harus bisa menjalin komunikasi dua arah yang hangat. Hal ini akan membuat sang calon konsumen bisa tertarik dengan penawaran yang Anda sampaikan. Kemudian mereka akan merasa lebih dihargai sebagai salah satu teman baik Anda.

Berteman dengan konsumen juga bisa dilakukan dengan cara yang ketiga, yaitu jangan pernah menonjolkan diri Anda kemudian dengan sengaja menjatuhkan para pesaing. Ketika Anda akan menjual produk atau jasa, jangan pernah menonjolkan diri Anda dengan cara negatif, yaitu menjelekkan para pesaing yang sudah ada. Strategi ini memang sudah sangat sering dilakukan oleh para pelaku usaha tetapi pada kenyataannya, para konsumen kurang menyukainya. Jika Anda melakukan strategi dengan menjelekkan pesaing, maka konsumen bisa menjadi kurang percaya dengan kualitas produk yang Anda tawarkan.

Keempat, Anda harus bisa menangani setiap complain yang ada dengan sangat baik. Karena di sini Anda berlaku sebagai seorang teman bagi konsumen Anda. Nah, ketika Anda mendapati sebuah komplai sebaiknya Anda menghadapinya dengan kepala dingin dan cari solusi yang terbaik bagi permasalahan yang mereka miliki tersebut.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS