December 9 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Intip Plus- Minus Bisnis Waralaba Sebelum Menjalankannya

By - Thu Oct 02, 4:37 pm

Plus- minus bisnis waralaba atau yang dikenal dengan bisnis franchise ini memang dikenal sebagai bisnis yang bisa mengembalikan modal dengan cepat dan minim resiko. Tetapi sebelum kita melangkah lebih jauh sebaiknya kita fahami dulu plus- minus bisnis waralaba yang akan Anda pilih. Bisnis yang satu ini memang sudah menjamur di semua pelosok Indonesia, mulai dari perkotaan sampai pedesaan.

Plus- minus bisnis waralabaTetapi ketika Anda dihadapkan untuk memilih bisnis waralaba mana yang harus Anda pilih, maka Anda juga harus mempelajari apa keuntungan dan kerugian yang mungkin akan Anda dapatkan.

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah tentang keuntungan, yaitu:

  • Anda tidak perlu lagi mempromosikan dan memperkenalkan produk/ jasa Anda dari awal. Karena konsumen sudah mengenal merek yang Anda usung dan apa fungsi dan kelebihannya.
  • Anda mendapatkan layanan pelatihan. Layanan ini memang siberikan kepada seluruh mitra bisnis. Sebagai pelaku bisnis, layanan ini memang sangat dibutuhkan untuk mampu menjalankan bisnis dengan terarah. Dengan mengikuti pelatihan ini, Anda bisa melayani konsumen dengan baik dan profesional, menjual produk dengan baik, menciptakan kemandirian dan mengelola bisnis dengan pofesional.
  • Ketika Anda mengalami kendala atau ada pertanyaan yang membingungkan, Anda bisa dibantu untuk mencari jalan keluar. Karena antara pemilik waralaba dan mitra waralaba adalah sebuah tim dan harus saling support sehingga keuntungan yang masuk juga semakin banyak dan hubungan bisnis menjadi harmonis.
  • Pemilik waralaba mempunyai kuasa untuk menentukan kuota mitra bisnis di suatu wilayah. Hal ini akan membuat persaingan bisnis lebih sehat dan dinamis.
  • Untuk kegiatan promosi biasanya dibantu oleh pemilik waralaba sehingga Anda menghemat biaya untuk promosi.

Plus- minus bisnis waralaba memang menarik untuk disimak. Setelah kita mengetahui tentang keuntungan bisnis waralaba, berikut ini beberapa kekurangan yang juga bisa mengancam bisnis waralaba yang Anda jalankan:

  • Pada umumnya bisnis ini membutuhkan modal yang besar. Modal yang dikeluarkan ini meliputi biaya pelatihan, pembelian hak usaha, modal bahan baku produk, royalty penjualan, dan lain sebagainya. Dan masing-masing waralaba mempunyai prosentase dan kebijakan sendiri-sendiri.
  • Ketika mengikuti bisnis ini, kreativitas Anda tidak bisa bebas. Karena dalam perjanjian usaha sudah diberikan berbagai macam peraturan yang tidak boleh Anda langgar.
  • Supplier bahan sudah ditentukan, jadi Anda tidak bisa memilih supplier yang lebih murah.

Plus- minus bisnis waralaba itulah yang harus Anda pertimbangkan dengan baik. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari karena tidak mengetahui plus dan minus yang akan Anda hadapi saat menjalankan bisnis ini. Pastikan Anda sudah benar-benar yakin dan mantap untuk menjalankan bisnis waralaba sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513