November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Intip Kiat Berbisnis Ala Menteri BUMN

By admin - Thu Jan 03, 4:45 pm

Kiat berbisnis pastinya sudah banyak dilontarkan. Tetapi bagaimana kiat berbisnis menurut sang Menteri BUMN Dahlan Iskan? Siapa yang tidak kenal Dahlan Iskan? Seorang menteri yang sepak terjangnya sungguh fenomenal. Kesuksesannya menjadi Chief Executive Officer Jawa Pos Group telah mengantarkannya menjadi pengusaha sukses di Negeri ini. jadi, tidak heran jika banyak yang mengundang beliau menjadi narasumber untuk berbagai seminar bisnis. Berikut ini beberapa tips yang bisa kita manfaatkan untuk memulai sebuah bisnis.

Kiat berbisnisPertama, factor keturunan tidak menjamin kesuksesan seseorang. Ya, dalam merintis sebuah usaha, Anda tidak harus menjadi anak pengusaha untuk bisa sukses. Karena setiap orang berhak untuk sukses. Contohnya adalah dahlan Iskan sendiri. Beliau bukanlah keturunan pengusaha, Ayahnya hanya buruh tani dan Ibunya buruh batik. Kerja keras dan ketekunan yang membuatnya mampu mengerjar mimpinya.

Kiat berbisnis oleh dahlan Iskan yang kedua adalah mulailah dari usia muda. Sejak masih usia muda belia, seseorang harus sudah mulai merintis usaha. Karena ketika masih muda, seseorang masih mempunyai waktu yang cukup panjang untuk mempelajari lebih banyak hal, antara lain untuk belajar, berkembang dan mampu merasakan jatuh bangun dalam merintis sebuah usaha. Jadi, ketika sudah memasuki usia senja, kita sudah bisa memetik hasil dari kerja keras kita semasa muda.

Ketiga, hindari memaksakan kehendak untuk ingin cepat sukses. Ketahuilah bahwa di dunia ini tidak ada yang instan, termasuk dalam meraih sebuah kesuksesan. Jadi, rintislah usaha dengan menikmati setiap perjalanan dan proses menuju keberhasilan. Jangan takut untuk mengambil tantangan dan jangan pernah bergantung pada bantuan orang lain.

Kiat berbisnis ala Dahlan Iskan yang keempat adalah dengan menjadi pribadi yang cerdas. Jadi, setiap pebisnis tidak hanya dituntut untuk mampu pintar dalam mengambil peluang tetapi juga harus cerdas dalam mengatasi atau mencari jalan keluar dari setiap masalah. Kejelian dan kecerdasan inilah yang harus dijadikan sebagai modal utama untuk bisa sukses di dunia usaha.

Kelima, fleksibilitas juga dibutuhkan. Perencanaan jangka panjang dan pendek memang sudah menjadi keharusan bagi setiap pelaku usaha. Tetapi tidak ada salahnya juga Anda tetap fleksibel dalam setiap perencanaan. Karena di dunia usaha, fleksibilitas sangat penting. Misalnya Anda mempunyai plan A dan plan B. Ketika plan A tidak berhasil, maka jangan ragu untuk menjalankan plan B. fleksibilitas sangat penting untuk bisa mengatasi persaingan pasar.

Dengan adanya trik dan tips dari Dahlan Iskan tersebut, Anda diharapkan untuk bisa terus sukses dan tidak mudah menyerah dalam kondisi apapun yang sedang Anda alami. Anda harus tetap berusaha keras agar mimpi Anda menjadi kenyataan, walaupun bukan di masa muda mungkin ada di masa tua. Jadi, jangan sia-siakan setiap waktu Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS