November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Ini Dia Strategi untuk Wanita yang Ingin Berbisnis

By admin - Tue Jun 11, 4:27 pm

Strategi berbisnis untuk wanita juga harus diperhatikan dengan seksama untuk memaksimalkan potensi yang ada. Strategi berbisnis untuk wanita harus dipelajari agar bisa bersaing dengan para pelaku usaha pria. Usaha yang dilakukan oleh para pelaku usaha wanita ini tadinya hanya untuk menambah penghasilan bulanan, tetapi kini mulai banyak yang menjalankannya dengan lebih serius. Bahkan ada beberapa jenis usaha yang justru dikuasai oleh wanita, seperti industry kuliner, fashion dan agrobisnis. Jadi tidak salah jika berdasarkan data dari Kementrian Koperasi dan UKM pada tahun 2010 menyebutkan bahwa 60% UKM dikelola oleh wanita. Hal ini tentu saja mengalami peningkatan pada tahun-tahun berikutnya sampai pada tahun 2013. Hal inilah yang menjadi bukti bahwa wanita juga mempunyai potensi untuk bisa meraih kesuksesan di bidang bisnis.

Strategi berbisnis untuk wanita

Wanita mempunyai sifat dasar yang menjadi nilai tambah untuk menjalankan sebuah usaha, yaitu ulet, mudah bergaul dan juga jeli dalam melihat peluang yang ada. Nah, agar Anda berhasil memenangkan persaingan, berikut ini beberapa strategi yang bisa Anda lakukan:

  • Melibatkan passion Anda dalam membuka sebuah usaha. Strategi berbisnis untuk wanita yang pertama ini dengan mengandalkan sifat alami wanita, yaitu ekspresif. Ketika mereka membicarakan atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan passion mereka, maka mereka akan sangat bersemangat dan termotivasi. Untuk itulah jika Anda ingin membuka sebuah usaha, tidak ada salahnya Anda melibatkan passion Anda sehingga ketika harus berhubungan langsung dengan klien atau konsumen, Anda bisa membuat brand Anda terpercaya dan berkualitas. Hal ini sangat penting untuk kesuksesan usaha Anda.
  • Tegas dalam mengambil keputusan. Mungkin wanita memang lebih sering mengdepankan perasaan daripada logika. Tetapi jika hal ini diterapkan dalam bisnis, maka akan mendatangkan resiko yang cukup besar. Untuk itulah Anda harus tegas dalam menetapkan suatu keputusan. Pikirkan efek jangka panjang sebelum Anda memutuskan sesuatu, khususnya dalam mengelola keuangan usaha Anda. Karena biasanya wanita lebih loyal dalam membelanjakan uangnya. Untuk itulah Anda harus mulai memperhatikan keloyalan Anda dalam berbelanja agar tidak merugikan usaha Anda.
  • Jangan terlalu terbebani oleh target. Susunlah prioritas kerja dan jangan hanya menggadang target yang akan membuat Anda merasa ketakutan.
  • Pisahkan dana pribadi dan dana usaha. Strategi berbisnis untuk wanita yang paling utama adalah memisahkan keuangan. Karena hal ini menghindari kemungkinan terburuk keloyalan wanita yang bisa membahayakan usahanya.
  • Hindari anggaran belanja yang kurang penting. Karena ketika kita tidak bisa mengontrol anggaran belanja, bisa-bisa mengganggu keuangan usaha. Walaupun omzet Anda sudah tinggi, tapi pastikan Anda bijak dalam membelanjakan uang Anda dan perusahaan. Selain itu, jika kita bisa lebih menghemat pembelanjaan, maka kita akan lebih mudah untuk melakukan pelebaran usaha.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS