December 9 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Ingin Membuka Usaha Kuliner? Siapkan Menu yang akan Anda Tawarkan

By - Thu Nov 27, 4:28 pm

Menu untuk usaha kuliner adalah satu hal yang tidak boleh dianggap remeh ataupun dianggap hal yang tidak diprioritaskan. Menu untuk usaha kuliner baik untuk usaha skala warung tenda, kafe maupun restoran adalah hal pertama yang dicari oleh konsumen. Sebelum masuk ke warung makan, kafe atau restoran, mereka biasanya akan mencari info menu apa saja yang ditawarkan di dalamnya.

Menu untuk usaha kulinerItulah yang membuat calon pelaku usaha kuliner harus benar- benar matang memikirkan tentang menu apa saja yang akan ditawarkan kepada konsumen. Terutama jika Anda membuka bisnis sendiri atau tidak mengikuti bisnis franchise yang mana sudah mempunyai nama dan pelanggan sendiri, maka Anda harus berhati- hati dalam memilihnya. Karena pemilihan menu turut andil dalam sukses atau tidaknya sebuah bisnis kuliner yang berjalan. Keistimewaan dan kelebihan ketika Anda sudah memilih dan mempersiapkan menu yang akan Anda tawarkan adalah Anda akan lebih mudah untuk mengorganisir segala sesuatunya, termasuk suplai makanan, waktu memasak, pemesanan bahan, proses belanja dan juga anggaran.

Menu untuk usaha kuliner harus ditentukan di awal. Nah untuk membantu Anda merencanakan menu apa yang akan Anda tawarkan, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda praktekkan:

  • Pastikan tentang faktor ketersediaan bahan baku. Ketika Anda sudah menentukan menu yang akan jual, maka pastinya Anda haus mencari dimana harus mendapatkan bahan baku yang cepat, berkualitas dan dengan harga yang relatif lebih murah. Misalnya Anda ingin membuka usaha makanan Western, maka Anda harus mencari dimana harus mendapatkan suplai pasta, roti dan daging dengan cepat dan berkualitas. Anda tak perlu mengimpor bahan baku ekslusif karena untuk bisnis yang baru berjalan, hal ini sangat beresiko. Kecuali jika usaha Anda mempunyai modal yang sangat besar atau usaha Anda sudah berjalan dengan lancar dan berencana menambah menu, maka opsi ini bisa menjadi pilihan berikutnya untuk daya tarik konsumen yang lebih banyak lagi.
  • Tentukan konsep warung makan dan target market yang potensial. Menentukan menu akan semakin efektif setelah Anda menentukan konsep warung, kafe atau restoran Anda. Nah kemudian pastikan menu yang Anda pilih disukai oleh para target market yang potensial sehingga membuat mereka melakukan repeat order. Untuk Anda yang ingin menyasar semua golongan konsumen, Anda bisa membuka warung makan atau kafe yang terbuka untuk umum dengan menu yang bisa diterima semua kalangan. Tetapi jika Anda ingin menyasar kalangan eksklusif, maka Anda juga harus menyiapkan daftar menu yang eksklusif dengan bangunan reastoran yang mendukung.
  • Perkiraan waktu masak untuk setiap menu. Menu untuk usaha kuliner juga harus direncanakan waktu untuk memasak agar tidak membuat konsumen terlalu lama menunggu menu pesanannya.

Tentukan jumlah menu yang masuk akal. Di awal bisnis, Anda bisa memulainya dengan 5 atau 6 pilihan menu pilihan. Walaupun tidak banyak, tetapi pastikan Anda memberikan keistimewaan di setiap menu tersebut.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513