December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Industri Pariwisata di Indonesia

By admin - Fri Jun 01, 4:31 pm

Industri pariwisata adalah salah industri yang sangat menguntungkan di Indonesia. Industri pariwisata di Indonesia ditunjang dengan kekayaan alam yang melimpah ruah. Pegunungan, laut, dan bangunan bersejarah sangat mampu untuk menjaring banyak sekali wisatawan asing maupun local. Karena itulah, sector pariwisata disebut-sebut sebagai salah satu jenis industry baru yang mampu menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang cepat dalam menyediakan lapangan kerja, pengingkatan penghasilan, standar hidup serta sector produktivitas lainnya. Kata industry pariwisata sendiri sering disebut dengan istilah Tourist Industry atau Travel Industry.

Industri pariwisata

Jika pemikiran kita terhadap kata “industri” selalu berkaitan dengan bangunan pabrik, cerobong asap, mesin produksi, dan lain sebagainya, tetapi sejatinya hal ini tidak berlaku untuk industry pariwisata. Industri pariwisata merupakan kumpulan dari bermacam-macam perusahaan yang secara bersamaan menghasilkan barang dan jasa (goods and services).

Industri pariwisata adalah rangkuman dari erbagai macam bidang usaha yang secara bersama-sama menghasilkan produk-produk maupun jasa atau layanan/layanan (services) yang nantinya baik langsung ataupun tidak langsung akan dibutuhkan oleh wisatawan selama perjalanan. Beberapa ahli kepariwisataan memberikan batasan-batasan yang bevariasi tentang industri pariwisata. Walaupun demikian terdapat suatu kesamaan bahwa perusahaan yang menghasilkan barang dan jasa itu sendiri terdiri berbagai macam perusahaan. Industri pariwisata bukanlah industri yang berdiri sendiri, tetapi suatu industri yang terdiri dari serangkaian perusahaan yang menghasilkan jasa atau produk yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Perbedaan itu tidak hanya dari jasa yang dihasilkan tetapi juga dalam besarnya perusahaan, tempat kedudukan, lokasi letak geografis, fungsi, bentuk organisasi yang mengelola dan bentuk pemasarannya.

Industri pariwisata kemudian mempunyai pengertian bahwa apabila dipelajari dari jasa atau produk yang dihasilkan atau pelayanan yang diharapkan wisatawan dalam melakukan perjalanan akan lebih jelas. Hal ini dapat dilihat dari tahap-tahap dimana wisatawan sebagai konsumen memerlukan pelayanan tertentu. Banyaknya jasa yang diperlukan oleh wisatawan jika melakukan perjalanan wisata dari berangkat sampai kembali kerumah.

Jasa yang dibutuhkan tidak hanya dihasilkan oleh satu perusahaan, melainkan oleh banyak perusahaan yang berbeda fungsi dan proses pelayanannya. Bila dilihat dari sudut ekonomi mikro,  yang di maksud dengan industri pariwisata adalah setiap unit produksi yang menghasilkan produk atau jasa tertentu. Tetapi apabila dilihat dari sudut ekonomi makro, industri pariwisata adalah keseluruhan unit-unit produksi yaitu travel agent, tourist transportation, hotel, catering trade, tour operator, tourist attraction, tourist object dan  souvenir shop. Baik yang kedudukannya di daerah, dalam negeri maupun luar negeri yang kaitannya dengan perjalanan wisata. Ada beberapa jenis wisata yang bisa Anda gali peluang, yaitu wisata pertanian, wisata maritime, wisata cagar alam, wisata buru, wisata pilgrim, wisata bulan madu dan wisata petualangan. Masing-masing dari jenis wisata ini memberikan peluang berbeda untuk Anda. Misalnya untuk wisata bulan madu. Wisata ini tentu membidik pasangan-paangan pengantin baru yang menginginkan fasilitas khusus dan tersendiri untuk menikmati perjalanan dan kunjungan mereka. Untuk melengkapi kebutuhan mereka, biasanya diberikan kamar pengantin di hotel yang khusus disediakan dengan peralatan serba istimewa. Misalnya tempat tidur istimewa, dekorasi dinding dengan selera tinggi, cermin besar, lilin dan bunga-bungaan untuk memberikan kesan romantic, dan lain sebagainya. Dengan melihat peluang-peluang ini, maka Anda bisa ikut meramaikan industry pariwisata di Indonesia. Semoga berhasil.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS