December 12 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Indikasi ekonomi membaik

By admin - Fri Dec 30, 3:42 pm

Indikasi ekonomi membaik di dalam Negeri diindikasikan dengan meningkatnya pengendara sepeda motor. Indikasi ekonomi membaik dan sepeda motor secara tidak langsung mempunyai pengaruh yang signifikan di kalangan masyarakat. Karena kepemilikan sepeda motor digunakan oleh masyarakat kelas bawah untuk bersaing dengan kalangan menengah ke atas. Mudah dan murahnya memiliki sepeda motor bagi kaum miskin bisa mengimbangi mobilitas kaum di atasnya. Dahulu ketika kendaraan bermotor masih susah dimiliki, kaum miskin hanya mampu bersaing dengan dokar, sepeda, atau jalan kaki sehingga perekonomian mereka seret majunya.

Tapi dengan memiliki motor paling tidak gaji yang dulu 80 persen habis untuk angkutan umum kini bisa menjadi motor kredit. Tiga tahun kemudian mereka akan memiliki motor sendiri, akan ada revolusi yang besar dari kaum menengah ke bawah. Kenyataan ini semakin diperkuat oleh beberapa factor dari luar yang ikut andil dalam perbaikan ekonomi di Indonesia.

Indikasi ekonomi membaik juga ditengarahi oleh langkah Fitch Ratings menaikkan terhadap peringkat utang Indonesia untuk utang jangka panjang valuta asing (foreign currency longterm senior debt) pada BBB- dengan proyeksi (outlook) stable. Kenaikan ini sekaligus menandai masuknya indonesia dalam investment grade. Upgrade ini membuktikan keberhasilan Indonesia dalam menjaga stabilitas ekonomi makro sekaligus mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi yang masih tinggi di tengah ketidakpastian ekonomi global. Direktur Fitch Asia-Pasific Sovereign Ratings Group, Philip Mc Nicholas juga menyatakan bahwa kenaikan peringkat tersebut didasarkan pada peningkatan kinerja perekonomian dan likuiditas eksternal yang lebih kuat. Selain itu karena rasio public debt yang rendah dengan tren yang terus menurun serta kebijakan makro yang berhati-hati.

Fitch melansir, kemajuan pesat Indonesia dalam mengatasi kelemahan struktural serta pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan lebih baik dari yang diproyeksikan Fitch. Meski begitu, Fitch tetap menyoroti permasalahan kelemahan struktural seperti pendapatan per kapita dan penerimaan fiskal yang rendah, pasar uang domestik yang dangkal, permasalahan infrastruktur dan pemberantasan korupsi. Dengan memasuki investment grade level ini, diharapkan penguatan fundamental ekonomi dan reformasi struktural terus berlanjut.

Indikasi ekonomi membaik juga disambut baik oleh Bank Indonesia. Pihak Bank Indonesia mengungkapkan, peningkatan peringkat ini memberi harapan bagi prospek ekonomi Indonesia ke depan. Prospek Indonesia akan menjadi semakin baik sejalan degan menurunnya risiko dan biaya pinjaman (borrowing cost) sehingga menunjang pembiayaan kegiatan ekonomi Indonesia. Asal tahu saja, Fitch terakhir kali mengubah peringkat Indonesia pada 24 Februari 2011. Ketika itu lembaga pemeringkat tersebut menaikkan peringkat dari semula BB+ dengan proyeksi stable menjadi BB+ dengan proyeksi positif.

Tetapi, Pemerintah menyatakan tidak akan melakukan koreksi atas target pertumbuhan ekonomi tahun ini maupun tahun depan. Karenanya, semua faktor yang bisa mempengaruhi roda perekonomian harus diantisipasi. Salah satunya dengan mengantisipasi gangguan ekonomi akibat bencana alam, terutama banjir. Pemerintah pusat meminta Pemerintah Daerah melakukan persiapan menjaga wilayahnya agar tidak mengalami banjir seperti yang melanda Thailand selama dua bulan terakhir. Untuk negara berkembang pertumbuhan juga dikoreksi dari 6,4 persen menjadi 6,1 persen. Tapi untuk kawasan Asia Tenggara (ASEAN) hanya terkoreksi sedikit, sebesar 0,1 persen, menjadi 5,6 persen. Pemerintah akan menjaga pertumbuhan ekonomi sesuai dengan asumsi APBN. Juga, Pemerintah tetap optimistis pertumbuhan ekspor bisa mencapai level tertinggi sebesar US$ 200 miliar. Selain itu, inflasi dalam negeri bisa terkedali untuk menjaga konsumsi masyarakat. Pemerintah tetap optimis. Karena telah memiliki pengalaman saat lolos dari krisis 2008.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Indikasi ekonomi membaik