November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Indahnya Mengelola Klinik Kecantikan

By admin - Wed May 16, 5:12 pm

Mengelola bisnis kecantikan membutuhkan skill bisnis yang tinggi. Mengelola bisnis kecantikan mewajibkan Anda untuk mengatahui cara dan waktu yang tepat untuk memulainya. Berikut tips agar usaha klinik kecantikan Anda berkembang. Tips pertama adalah menjaga agar tempat Anda bersih dan nyaman. Ruang tunggu pasien harus memiliki beberapa hal yaitu: ruangan yang wangi dan bersih, majalah wanita, tersedia air minum, TV dan juga berikan akses yang mudah untuk pasien konsultasi kepada Beauty Consultant atau Customer Service Anda.

Mengelola bisnis kecantikan

Untuk ruang perawatan, buatlah tema sesuai dengan nama ruangannnya. Misalnya ruangan Bali, maka ornamen dan design interior di dalam ruangan didesign gaya tradisional Bali. Ini akan membuat pelanggan merasakan pengalaman berbeda dan memiliki kesan eksklusif. Ingatlah, bahwa ketika pelanggan datang merawat diri ke klinik Anda, pelanggan Anda datang bukan untuk membayar pelayanan yang Anda sediakan. Tapi juga membeli prestisius yang Anda berikan.

Mengelola bisnis kecantikan juga harus mengerti tip kedua yaitu kepuasan pelanggan. Jaga selalu kepercayaan pelanggan agar tidak merusak citra dan reputasi klinik Anda. Jangan menukar obat, atau mengoplos obat tertentu dengan bahan-bahan yang dapat mengurangi kualitas pelayanan dan khasiat dari obat tersebut. Gunakan alat-alat yang steril dan tidak menularkan infeksi dari masing-masing pasien. Misalnya, selalu gunakan alkohol pada alat-alat yang akan digunakan untuk Facial.

Tip ketiga adalah mengadakan promo bulanan. Terobosan-terobasan terbaru dalam produk, tentu selalu harus dilakukan. Namun apabila Anda telah melakukan pengembangan produk, mungkin Anda dapat menambahkannya dengan promo bulanan yang menawarkan harga lebih murah dibandingkan dengan paket reguler. Dengan mengangkat isue tertentu Anda tentunya memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan, sehingga akan membuat pelanggan anda terkesan dan menceritakan kesan baik ini kepada temannya. Walaupun taktik sudah digunakan oleh banyak sekali bisnis, tetapi memang terbukti sangat ampuh untuk menjaring pelanggan.

Mengelola bisnis kecantikan juga harus mengerti tip keempat, yaitu pelayanan. Layani konsumen Anda dengan hati, lakukan pengawasan terhadap kinerja karyawan. Buat kuisioner untuk mengetahui bagaimana tanggapan pelanggan terhadap pelayanan yang telah diberikan selama ini. Apakah puas, cukup puas, atau ada hal lain yang harus dibenahi. Ketika pujian itu sampai ketelinga Anda, maka berilah reward kepada karyawan dengan pelayanan terbaik. Namun ketika yang sampai ke telinga Anda adalah kritikan, maka lakukanlah training secara berkala dan perhatikan bahwa kemampuan karyawan telah cukup baik untuk melayani pelanggan.

Tip kelima adalah sumber daya manusia. Poin ini sangat penting karena juga akan mempengaruhi kemajuan klinik Anda. Karyawan memiliki peranan penting dalam pergerakan roda bisnis anda setiap hari. Jangan marah dengan seorang karyawan dihadapan karyawan lain, jangan memaki, dan jangan mengghardik. Ucapkan kalimat yang baik, tegas, dan tegakkan kedisiplinan. Apabila karyawan tidak cukup paham menaati peraturan perusahaan, minta karyawan tersebut membuat surat perjanjian untuk tidak mengulangi. Usahakan semua perintah ini tertulis, sistematis, dan mudah dipahami. Ingat, bicaralah dari sudut pandang mereka, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh karyawan. Tip keenam adalah relasi. Bangunlah hubungan yang baik terhadap pelanggan dan mitra bisnis Anda. Cacatnya hubungan terhadap suatu distributor, dapat mengurangi reputasi dan kredibilitas Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS