November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Ikuti Tips Bisnis Online Makanan

By admin - Thu Oct 11, 5:03 pm

Bisnis online sudah semakin menjamur dan merakyat. Bisnis online tidak hanya sebatas barang padat, misalnya produk fashion saja. Ada banyak sekali produk makanan yang menjadi hit dan diperbincangkan oleh banyak orang di dunia maya. Berjualan di dunia maya juga harus pintar memanfaatkan media social dan segala fasilitas yang dimilikinya. Bahkan tidak sedikit makanan yang tadinya dijual secara online, sekarang sudah sangat terkenal di dunia offline. Anda juga bisa mendapatkan kesuksesan yang sama jika Anda mempunyai minta di bidang kuliner dan mempunyai keinginan untuk mengembangkan bisnis ini. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menekuni bisnis makanan secara online:

Bisnis online

1)  Hal utama yang harus Anda pikirkan adalah bagaimana makanan yang Anda tawarkan bisa terlihat menarik secara visual. Walaupun memang penampilan atau visual fisik bukan menjadi jaminan bahwa makanan tersebut mempunyai cita rasa yang lezat. Tetapi setidaknya dengan penampilan yang menarik akan membuat semua orang merasa penasaran dan akhirnya menggugah selera makan calon konsumen.

2)  Tentukan satu menu andalan dari produk makanan yang Anda tawarkan. Buatlah semenarik mungkin untuk difoto. Bila perlu, tambahkan aksesoris cantik yang bisa memperindah penampilannya. Jadi, para calon konsumen yang melihat produk Anda juga lebih mudah untuk tertarik dan akhirnya menjatuhkan pilihan pada produk Anda. Intinya, karena pada awal penampilan yang bisa dilihat oleh calon konsumen adalah gambar. Maka, Anda harus bisa menampilkan produk best seller dan produk terbaru Anda secara mencolok dan menarik.

3)  Bisnis online pastinya cara berjualannya juga mengandalkan online. Jadi, konsumen tidak bisa langsung mencicipinya, maka Anda harus mencantumkan deskripsi produk Anda secara detail di setiap menu makanan. Mulai dari bahan dasar, rasanya, dan lain sebagainya. Hal ini akan memudahkan para pengunjung untuk bisa memperkirakan rasa produk Anda. Jangan lupa juga untuk menyelipkan kata-kata yang menggoda di dalamnya. Kata-kata ini berfungsi untuk menggoda siapapun yang membacanya untuk segera membeli dan emncobanya. Nah, agar lebih meyakinkan, cantumkan testimony beberapa konsumen yang sudah pernah membeli dan mencicipinya. Jika usaha Anda masih baru dan belum mempunyai pelanggan, Anda bisa mengerahkan teman dan keluarga untuk memberikan testimoni.

4)  Manfaatkan media social yang sedang booming saat ini. Anda bisa membuka online shop dengan blog gratis atau website khusus. Buatlah desain toko online Anda semenarik dan secantik mungkin dan juga sesuai dengan image makanan yang Anda jual.

5)  Nah, untuk memasarkannya, Anda bisa memanfaatkan jejaring social, misalnya twitter, facebook, dan lain sebagainya. Upload foto-foto makanan lalu tagging ke beberapa teman berkali-kali. Usahakan Anda melakukan tagging pada orang yang berbeda-beda. Dan Anda bisa memulainya dari sahabat-sahabat dan keluarga Anda.

6)  Bisnis online harus bisa memaksimalkan penggunakan facebook dan twitter untuk promosi dan marketing. Buatlah akun twitter khusus dengan nama toko online atau produk makanan anda. Anda bisa melakukan perkenalan pada follower Anda dengan melakukan tweet-tweet tentang produk makanan tersebut. Twitpict foto makanan Anda. Jika Anda baru mempunyai akun twitter, Anda bisa mulai follow orang sebanyak-banyaknya. Selain itu, Anda juga bisa me-Retweet promo di akun online shop Anda, sehingga follower Anda akan membacanya. Untuk aksi yang lebih cepat, Anda bisa follow twitter selebriti atau figure terkenal di bidang kuliner kemudian tawarkan tester produk pada mereka. Jika mereka puas, maka mereka juga akan membahasnya di akun twitternya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS