November 15 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Hubungan Pengembangan Usaha dan Sifat Pengusaha Sejati

By admin - Fri Feb 17, 3:55 pm

Pengembangan usaha juga perlu persiapan matang. Pengembangan usaha dapat dilakukan dengan melangkah keluar dan menempatkan diri Anda sebagai seorang pengusaha yang aktif mencari peluang apa yang ada. Dengan berbicara kepada pengusaha lain, tentu Anda juga akan membuka pikiran dan ide Anda tentang apa yang sudah Anda lakukan, apa yang seharusnya Anda lakukan dan juga menemukan peluang yang Anda yakini dapat membawa Anda ke tempat yang diinginkan, termasuk biaya, langkah selanjutnya adalah, memiliki segala sesuatunya didepan Anda dan bersiap melakukan lompatan.

Terkadang ganjalan ada pada diri Anda sendiri. Terkadang Anda masih mempunyai pikiran yang masih mengembara kemana-mana dan kian tidak terarah. Hal ini biasanya diawali dengan pemikiran “bagaimana jika” dan kemudian berakhir dengan kembali ke kehidupan aman Anda. Contoh pemikiran yang akan membuat Anda terjebak dalam kehidupan Anda sendiri adalah “tidak ada jalan dengan waktu dan sumber yang saya miliki untuk melakukan hal itu”. Pemikiran semacam ini bukanlah pemikiran seorang pengusaha sejati karena seorang pengusaha akan selalu berpikir positif dan maju ke depan.

Pengembangan usaha

Pengembangan usaha harus didasari dengan mempunyai pikiran sebagai pengusaha sukses. Pengusaha sukses selalu berpikir bagaimana dapat melakukan sesuatu. Terlepas dari bisnisnya, berapa biaya memulainya atau hal-hal lainnya, memiliki pemikiran yang berbeda, dan lain sebagainya. Seorang pengusaha sukses akan lebih banyak melakukan action daripada sekedar memikirkan dan berangan-angan atau berandai-andai. Karena sifat inilah yang nantinya menentukan keberhasilan seorang pengusaha dan yang tidak. Orang yang terjebak hanya melihat hambatan di jalannya, kemudian focus pada kesalahan tersebut sampai akhirnya menyerah kalah bukanlah pengusaha sejati. Karena pengusaha sejati akan terus mencari jalan keluar dari semua masalah yang dihadapinya sampai akhirnya dia mampu berada di titik tertinggi sebuah kesuksesan.

Pengusaha sukses tahu bahwa untuk menjadi sukses terkait dengan ketidaknyamanan. Mereka melihat halangan sebagai tantangan. Mereka sibuk melakukan perhitungan yang rumit dan bagaimana supaya berhasil. Mereka tahu tantangan akan selalu ada. Namun, pengusaha sukses juga tahu bahwa ketabahan, kegigihan, dan keinginan untuk sukses mendorong mereka untuk melalui apapun yang ada didepannya.

Pengembangan usaha memang tidak mudah dan menjadi pengusaha sejati yang sukses pun tidak mudah. Kuncinya disini adalah Anda tidak perlu merasa nyaman, kecuali Anda memang sudah merasa tidak nyaman. Bagaimana Anda bisa tumbuh jika tetap melakukan hal yang sama, hal yang “aman”? Pengusaha sukses melakukan hal-hal yang membuatnya tidak nyaman, dan itu akan membuat telapak tangannya berkeringat, karena mereka tahu penghargaan yang pantas diterimanya atas resiko apapun yang diambilnya.

Jadi, jika ada peluang mengetuk pintu Anda, buka lebar-lebar. Sambutlah. Perlakukan seperti teman baik Anda. Sadari banyaknya tantangan, seperti banyaknya penghargaan yang layak diterima. Percaya dengan diri dan kemampuan Anda untuk mengatasi rintangan. Selamat mencoba.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS