November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Hindari Melakukan Kesalahan Ketika Bernegosiasi

By admin - Thu Sep 26, 4:23 pm

Kesalahan bernegosiasi bisa mempengaruhi besarnya keuntungan serta kepercayaan orang lain terhadap kita dan usaha kita. Kesalahan bernegosiasi bisnis dimana mereka hanya memikirkan keuntungan semata sepertinya sudah membudaya. Cara bernegosiasi yang seperti itu bisa membuat pelaku usaha kurang mendapat kepercayaan sehingga kebangkrutan mengintai di depan mata. Dalam bernegosiasi, ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh, selain keuntungan materi. Nah agar keuntungan baik materi maupun non-materi yang Anda dapatkan semakin banyak, hindari tiga kesalahan berikut ini saat Anda sedang beregosiasi dengan mitra bisnis Anda:

Kesalahan bernegosiasi

  • Terus mengunggulkan produk tanpa disertai dukungan fakta. Hal ini masi sering dilakukan oleh sebagian besar pelaku usaha. Mereka menggebu-gebu tentang keunggulan produk mereka tetapi tidak didukung dengan fakta tentang hal tersebut. Karena tanpa adanya cukup bukti yang kuat, maka calon mitra bisnis belum sepenuhnya percaya pada Anda. Untuk itulah Anda harus menceritakan tentang alur dan visi misi perusahaan kemudian lika-liku perjalanan bisnis Anda sampai akhirnya produk unggulan yang menjadi bukti nyatanya. Jika perlu, Anda juga bisa menampilkan testimony dari para pelanggan untuk meyakinkan kredibilitas usaha dan produk Anda.
  • Belum berani mempertahankan harga. Kesalahan bernegosiasi yang kedua ini biasanya terjadi ketika terjadi tawar-menawar harga. Ketika harus menghadapi kondisi tersebut, tidak jarang yang justru menyepakati harga yang diminta oleh klien bisnis mereka. Mereka belum berani mempertahankan harga yang dia sendiri inginkan. Hal inilah yang membuat harga tawar yang didapat menjadi tidak begitu tinggi karena mereka masih belum berani untuk mempertahankan harga jual produknya tersebut.
  • Kurang menyadari makna bahwa setiap pertemuan merupakan negosiasi. Banyak pelaku usaha yang masih mengartikan negosiasi dalam arti sempit. Padahal dalam dunia bisnis. Waktu haruslah dimanfaatkan seefisien mungkin. Jadi, setiap pertemuan yang anda lakukan dengan mitra bisnis atau calon investor bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan kerjasama bisnis. Untuk itulah, dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun Anda bertemu dan mengobrol tentang bisnis, di situ Anda harus selalu menunjukkan kesan positif. Agar untuk kedepannya Anda bisa menjalin kerjasama yang baik.

Kesalahan bernegosiasi tersebut bisa Anda hinari sedini mungkin agar bisa mendapatkan mitra bisnis yang terpercaya dan kompeten. Selamat mencoba.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS