December 6 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Hindari Kesalahan Saat Mendesain Logo untuk Produk

By - Thu Sep 18, 4:37 pm

Desain logo produk adalah salah satu hal yang mempengaruhi ketertarikan konsumen terhadap produk atau jasa Anda. Desain logo produk harus diciptakan seunik dan sekreatif mungkin dan buatlah desain yang mudah dicerna dan diingat oleh konsumen. Tetapi masih banyak pelaku usaha yang melakukan kesalahan dalam mendesain logo untuk produk mereka. Bahkan tidak sedikit yang justru gulung tikar karena faktor logo yang tidak “layak” tayang.

Desain logo produkLogo produk sendiri mempunyai manfaat yang tidak main-main. Jika logo yang Anda keluarkan kurang sreg dan mengena di hati para konsumen, maka bisa dipastikan bahwa akan sedikit sekali konsumen baru yang datang. Jadi kemungkinan produk Anda akan tenggelam dan kalah bersaing di pasar. Untuk mengatasi masalah logo, berikut ini beberapa kesalahan yang harus Anda hilangkan jika ingin berhasil menarik lebih banyak konsumen dan tahan terhadap persaingan pasar:

  • Kurang paham istilah unique point yang dimiliki oleh produk Anda. Seorang pemilik usaha harus bisa mengenal secara detail tentang kekurangan dan kelebihan produknya sendiri. Jika seseorang ternyata tidak bisa mengetahui keunikan dan kelebihan yang dimiliki produknya, maka logo yang dibuat akhirnya hanya menjadi simbol saja tanpa isi yang mengikat antara logo dan keunikan produk tersebut. Hal inilah yang akhirnya membuat logo yang dimiliki tidak ada bedanya dengan produk lain di pasaran.
  • Kurang mempertimbangkan masalah brand positioning. Desain logo produk harus mencakup brand positioning yaitu harus mampu membawa logo Anda terkait atau terposisikan dengan jenis produk yang Anda miliki. Jadi jangan sampai apa yang Anda tuangkan dalam logo justru tidak sejalan dengan brand positioning produk yang sedang Anda bangun.
  • Tidak melakukan survey pasar. Apa yang dituangkan dalam desain logo biasanya masih berdasarkan ide kreatif si pemilik usaha saja tanpa melakukan survey pasar terlebih dahulu. Mulai sekarang, cobalah untuk mengatur ulang alurnya, yaitu survey pasar dahulu baru membuat logo. Kenapa begitu? Karena tanpa melakukan survey pasar, Anda tidak akan tahu apa yang terjadi di pasar saat ini, seperti trend pasar, apa yang sedang diminati, dan sebagainya. Sehingga jika melewatkan survey pasar, desain logo Anda kurang sesuai dengan minat dan trend yang ada di pasar saat ini.
  • Desain logo produk yang Anda buat terlalu rumit. Sebaiknya Anda tidak menyama-ratakan istilah kreatif dengan rumit. Karena dua hal ini justru berbeda. Memang disarankan untuk membuat logo yang unik tetapi masih bisa dikenali konsumen mudah dan mudah untuk diingat. Jangan sampai konsumen tidak hafal dengan logo Anda karena terlalu rumit dan terkesan berputar-putar.
  • Belum mampu memberikan penjelasan tentang arti logo yang Anda miliki. Makna dan filosofi logo harus Anda kuasai sebelum melemparkannya ke publik. Jika sampai pada saat dimana konsumen Anda bertanya tentang apa yang terkandung di dalam logo produk Anda, maka Anda harus bisa menjelaskannya secara jelas dan sederhana.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513