November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Hindari Kesalahan Menyusun Bussiness Plan

By admin - Fri Jul 20, 5:02 pm

 

Kesalahan menyusun bussines plan akan berakibat fatal bagi berjalannya bisnis Anda. Kesalahan menyusun bussines plan ini ibaratnya seperti peta yang salah padahal Anda sendiri yang harus berjalan mengikuti alur yang tertulis di dalam peta tersebut. Sebaliknya, jika Anda membuat bussines plan dengan baik dan benar, maka akan menjadi peta yang mengantarkan Anda pada gerbang kesuksesan. Saking pentingnya peran bussines plan ini, sampai bisa dikatakan jika bussines plan adalah salah satu modal utama yang dibutuhkan oleh para pelaku usaha untuk mampu membangun kerajaan bisnisnya.

Kesalahan menyusun bussines plan

Itulah mengapa bussines plan harus disusun dengan cermat dan tepat agar perjalanan bisnis Anda juga bisa berjalan dengan lancar. Untuk menghindari kesalahan dalan penyusunan bussines plan, Anda bisa menghindari beberapa kesalahan berikut ini. Kesalahan pertama adalah dengan mengumbar informasi yang berlebihan. Anda tidak perlu membuat bussines plan yang tebal dengan mencantumkan informasi yang berlebihan. Karena yang paling penting adalah mencantumkan beberapa poin kunci yang akan Anda jalankan serta menunjukkan berapa besar prospek bisnis yang dimiliki oleh peluang tersebut di masa yang akan datang. Yang harus diingat adalah bahwa dengan membuat bussines plan bukanlah untuk memperlihatkan seberapa luas pengetahuan Anda tetapi mencatat poin-poin penting untuk menjalankan usaha Anda.

Kesalahan menyusun bussines plan yang kedua adakah analisa keuangan yang kurang realistis. Poin ini adalah salah satu poin yang terpenting dan harus benar-benar diperhatikan dengan tepat dan cermat. Buatlah detail keuangan yang sesuai dengan kondisi pasar di sekitar dan masuk akal. Jika Anda membuat bussines plan yang kurang konsisten terhadap pertumbuhan industry yang ada dan terkesan terlalu agresif, maka akan membuat bussines plan Anda patut dipertanyakan tingkat keseriusannya.

Kesalahan ketiga adalah mempunyai target market yang masih samar. Rencana pemasaran merupakan salah satu poin penting yang harus dicermati selain aspek keuangan. Jadi, Anda harus benar-benar menentukan target market yang akan Anda bidik dan mencari tahu kebutuhan konsumen untuk kemudian Anda penuhi untuk bisa membuat peluang. Tapi sayangnya belum semua pelaku usaha mampu membidik konsumen yang tepat. Sehingga banyak sekali para pelaku usaha yang sulit dan masih kebingungan dalam menemukan konsumen yang potensial bagi usahanya.

Kesalahan menyusun bussines plan yang keempat adalah rendahnya analisa persaingan. Karena dalam dunia usaha, Anda tidak hanya dituntut untuk memperhatikan tentang factor internal saja tetapi juga factor eksternal. Karena factor eksternal juga akan berpengaruh pada perkembangan usaha Anda di masa yang akan dating. Misalnya dengan memperhatikan persaingan bisnis yang ada di sekitar tempat usaha yang akan Anda buat. Lalu pikirkan juga bagaimana cara untuk bersaing dengan mereka. Itulah mengapa ketika membuat perencanaan bisnis, Anda juga harus mampu mengenali siapa saja competitor Anda dan juga pahami strategi bisnis yang mereka gunakan. Jangan lupa juga untuk mencari tahu keunggulan dan kelemahan mereka.

Kesalahan kelima adalah riset yang kurang optimal. Karena terburu-buru ingin memulai sebuah usaha, terkadang para pelaku usaha seringkali mengabaikan riset pasar dan seperti melupakan satu hal yang sangat penting, yaitu memeriksa kembali pernyataan yang mereka tulis di business plan. Kesalahan inilah yang ahrus Anda hindari karena bisa berakibat fatal, bahkan bisa menyebabkan kebangkrutan jika tidak memahami pasar dengan baik. Untuk itulah, pastikan Anda sudah melakukan riset yang benar-benar up to date, akurat dan bisa dipertanggung jawabkan ke depannya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS