November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Hindari Kesalahan Menentukan Merek Produk (1)

By admin - Mon Aug 26, 6:07 pm

Menentukan merek produk tidak hanya memegang peranan penting terhadap penjualan tetapi juga kemajuan usaha itu sendiri. Menentukan merek produk harus dipikirkan masak-masak, walaupun itu untuk usaha kecil dan menengah. Jika selama ini banyak dari kita (terutama pelaku usaha kecil dan menengah) yang kurang memprioritaskan merek dagang, maka hal itu akan menjadi ganjalan di masa mendatang. Karena brand-brand besar yang kita kenal selama ini tidak lain merupakan hasil dari cara berpikir sang pemilik untuk mengangkat merek dagangnya tersebut di pasaran, baik pasar local maupun pasar Internasional.

Menentukan merek produkBahkan merek besar pun tidak luput dari tekanan dan tantangan besar yang bisa menghambat kesuksesan usahanya. Tetapi mereka berhasil untuk bangun dan berkembang menghadapi tantangan dan tekanan tersebut sehingga bisa sukses menguasai pasar. Persaingan pasar akan selalu ada untuk menghadang, sehingga Anda harus sedini mungkin mempersiapkan diri dan bisnis Anda untuk menghadapinya. Berikut ini beberapa kesalahan dalam menentukan merek produk yang harus Anda hindari:

  • Belum focus menentukan merek dagang yang diusung. Selama ini masih banyak pelaku bisnis yang masih menentukan bisnisnya secara spontan. Mereka menganggap merek yang mereka usung Cuma harus mencakup unsur lucu dan mereka menyukainya. Selebihnya mereka tidak memikirkan bagaimana merek tersebut bagi calon konsumen. Karena belum tentu semua calon konsumen mempunyai pikiran yang sama dengan pemilik. Jadi dalam menentukan merek dagang, Anda harus memikirkan beberapa aspek, antara lain: target market yang dituju, alasan mengapa merek tersebut ada, dimana dan kapan harus memasarkan produk tersebut, karakter pasar yang akan dituju, dan pertimbangan-pertimbangan lainnya.
  • Tidak ada pembeda dengan para competitor. Menentukan merek produk selalu berkaitan dengan para kompetitor yang ada. Karena dengan adanya persaingan pasar, Anda harus bisa menganalisa setiap competitor yang ada. Jika Anda mengeluarkan produk dan merek yang tidak berbeda dengan para competitor, maka jangan harap produk Anda mampu bersaing di pasar bebas yang semakin ketat. Anda harus berani menciptakan pembeda. Jadikan produk Anda mudah dikangeni oleh konsumen atau bahkan bisa membuat calon konsumen merasa penasaran dengan produk Anda.

Menentukan merek produk harus berani menampilkan nilai unik di mata calon konsumen, tidak hanya di mata pemilik produk atau Anda sendiri. Ketika Anda ingin memulai sebuah usaha, pastikan Anda melakukan survey untuk menentukan jenis usaha dan merek dagang yang akan Anda usung. Rajin-rajinlah mencari informasi penunjang untuk kesuksesan tahan lama produk Anda. Selamat berjuang dan berwirausaha!

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS