November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Hindari Kesalahan Membuat Blog Perusahaan

By admin - Tue Sep 25, 4:31 pm

 

Blog perusahaan tentunya harus menghadirkan konten dan desain yang menarik dan sesuai dengan kualitas perusahaan tersebut. Jangan sampai blog perusahaan yang fungsinya untuk mempromosikan produk atau jasa perusahaan malah tidak menarik sama sekali. Cara untuk mempromosikan perusahaan melalui dunia maya memang bukan perkara baru bagi para pelaku usaha. Tetapi seiring dengan perkembangan informasi dan internet yang semakin pesat, maka pangsa pasar yang dibidik pun kemungkinan besar akan menyasar ke ranah online juga. Untuk itulah, sebuah perusahan harus mampu mempromosikan bisnisnya di berbagai macam situs online.

Blog perusahaan

Blog adalah salah satu situs online yang banyak dipilih untuk media promosi. Alasan memilih blog adalah karena media ini cenderung lebih efektif untuk mempromosikan produk atau jasa perusahaan dan juga mampu mendongkrak traffic kunjungan dengan baik. Terdapat berbagai fasilitas di dalam blog yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Nah melalui berbagai macam fasilitas tersebut lah yang nantinya akan membuat pihak perusahaan lebih mudah untuk menginformasikan kualtasnya ke khalayak ramai dan sebagai upaya untuk mendekatkan diri dengan para calon konsumen atau dengan para pelanggannya. Jadi, tidaklah mengherankan jika banyak perusahaan yang mempromosikan bisnisna melalui dunia online. Nah, untuk memaksimalkan manfaat blog, sebaiknya Anda menghindari beberapa kesalahan dalam membuat blog berikut ini.

 

Blog perusahaan tidak boleh melakukan kesalahan yang pertama, yaitu perencanaan yang kurang matang. Terkadang para pelaku usaha hanya mengedepankan sikap spontanitas. Memang terkadang sikap ini sangat dibutuhkan tetapi untuk masalah blog, sebaiknya dilakukan dengan perencanaan yang matang. Karena jika pembuatan blog terkesan dadakan malah akan membuat tujuan promosi menjadi kurang jelas dan akhirnya manfaatnya menjadi kurang maksimal. Misalnya dengan menganggap remeh peranan sebuah blog, hanya memanfaatkan blog gratisan dan juga menganggap bahwa kegiatan blogging bisa dilakukan dengan mudah dan tidak perlu diprioritaskan. Nah, pemikiran-pemikiran itulah yang kemudian membuat blog perusahaan tidak dikelola dengan baik dan kontennya cenderung asal-asalan dan kurang menarik bagi calon konsumen.

 

Kesalahan kedua, konten yang kurang menarik. sebagian besar blog perusahaan hanya mengedepankan konten tentang seluk-beluk perusahaan. Konten semacam ini memang perlu tetapi tidak menjadi prioritas dan tidak memakan tempat. Karena konten seperti ini hanya terkesan membosankan dan kurang menarik, sehingga kunjungan terhadap blog ini juga relative kecil. Nah, untuk menyiasati hal ini, sebaiknya variasikan informasi yang dipublish pada blog perusahaan. Misalnya dengan memberikan berbagai tips bermanfaat, berita-berita ringan dan juga memberikan informasi tentang perkembangan informasi dengan gaya bahasa yang bersahabat.

 

Blog perusahaan juga harus menghindari kesalahan yang ketiga, yaitu pengelolaan yang belum maksimal. Blog perusahaan hanya dianggap sebagai project sampingan, sehingga untuk pengelolaannya juga hanya disela-sela kesibukan mereka saja. Yang terjadi akhirnya blog perusahaan menjadi tidak professional dan terkesan sepi dari aktivitas perusahaan karena konten yang dipublish tidak rutin. Nah untuk mengatasi hal ini, sebaiknya pihak perusahaan menunjuk orang-orang khusus untuk mengelola blog tersebut secara maksimal dan professional. Mulai dari mengisi konten secara rutin, melayani internaksi dengan konsumen atau menanggapi komentar dari calon konsumen dengan baik dan juga melakukan promosi blog ke berbagai forum online.

 

Kesalahan keempat, gagal membangun jaringan bisnis. Di sini perusahaan harus mengetahui secara pasti bahwa tujuan menciptakan blog perusahaan adalah untuk menambah partner kerja sebanyak-banyaknya dan juga menjaring link selengkap-lengkapnya. Nah, kurangnya aktivitas blogging juga akan berpengaruh pada pembangunan jaringan untuk mendapatkan partner kerja semaksimal mungkin. Untuk itulah, sebaiknya ketika mulai melucunrkan blog perusahaan, harus ada yang melakukan aktivitas blogging secara rutin, menggunakan fasilits tukar link dan juga menjalin komunikasi dengan para pelaku bisnis yang lain untuk memperluas bisnis yang Anda miliki.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS