November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Hindari Kesalahan dalam Berbisnis Franchise

By admin - Tue Jan 22, 5:04 pm

Bisnis franchise merupakan salah satu ide bisnis yang bisa dilakukan mulai dari modal rendah sampai tinggi. Bisnis franchise bisa dikatakan snagat memudahkan para pemula untuk berkecimpung di bidang bisnis ini. franchise ini bisa diibaratkan seperti investasi. Jadi, dengan berinvestasi di sebuah franchise, seorang pelaku bisnis pemula bisa mendapatkan mentoring atau pendampingan dari para franchisor. Hal inilah yang kian membuat bisnis ini marak dan popular. Tidak hanya pelaku usaha saja yang berlomba-lomba untuk memulai investasi ini, tetapi juga para franchisor juga berlomba-lomba untuk menawarkan berbagai macam investasi franchise.

Bisnis franchise

Walaupun sudah banyak sekali kemudahan dan fasilitas yang diberikan, jika Anda ingin memulai bisnis ini maka Anda tetap harus waspada. Ya, Anda harus teliti dalam memilih franchise mana yang tepat untuk Anda. Karena tidak jarang banyak perusahaan yang menyelenggarakan kemitraan dan akhirnya malah membuat kesalahan-kesalahan yang membuat bisnisnya tumbang sebelum mencapai kesuksesan. Nah, untuk mengantisipasi resiko ini, berikut ini beberapa kesalahan yang harus Anda hindari untuk berbisnis franchise:

  • Tidak mempunyai modal atau dana yang cukup besar. Dana yang besar ini berfungsi untuk mendukung perkembangan bisnis franchise. Jika dana segar dikelola dan ditumbuhkan, maka bisnis yang dijalankan juga akan lebih berkembang. Sebaliknya, jika dana segar (sebagai cadangan) tidak ada atau kurang, maka perkembangan usaha tersebut juga akan tersendat atau bahkan bisa hilang di tengah persaingan.
  • Memilih partner yang salah. Bisnis franchise tidak boleh dipilih dengan sembarangan. Seorang franchisor harus jeli dan selektif dalam memilih calon franchisee atau partner bisnis. Banyak para investor yang sama sekali belum mengerti tentang bisnis ini dan juga belum mempunyai pengalaman terjun ke dalam bisnis ini. Akibatnya, focus franchisor juga akan menjadi terpecah antara mendampingi sang mitra dengan mengembangkan bisnisnya.
  • Pertumbuhan yang terlalu cepat. Pertumbuhan bisnis yang terlalu cepat tidak selamanya memberikan kesuksesan. Karena di dalam sebuah bisnis, selalu dibutuhkan dukungan manajemen dan persiapan yang matang.
  • Belum mempunyai cukup pengalaman di bidang usaha franchise. Sekarang ini masih banyak franchisor baru yang menawarkan kerjasama dengan sistem coba-coba. Artinya, mereka masih belum bisa dipastikan bisa bersaing di pasar atau tidak.
  • Pemberian training SOP dan SDM yang belum matang. Bisnis franchise harus ada dua training ini untuk membantu para calon franchisee untuk menjalankan usahanya dengan tepat dan sesuai. Sekarang ini masih banyak franchisor yang masih tidak maksimal dalam memberikan training ini kepada para calon franchisee.
  • Konsep yang ditawarkan belum terbukti. Sekarang ini masih banyak franchisor yang menawarkan usaha kemitraannya dengan waktu yang relative singkat. Dan waktu yang singkat ini biasnaya yang membawa banyak kesalahan. Sehingga nantinya return of investment yang dijanjikan juga belum bisa terbukti seperti yang dijanjikan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS