November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Hindari Kegagalan Marketing di Sosial Media

By admin - Tue Nov 06, 4:22 pm

Kegagalan marketing yang dilakukan di social media bisa berdampak pada sukses atau tidaknya penjualan yang dilakukan. Kegagalan marketing di social media harus bisa dihindari, baik untuk perusahaan besar maupun untuk pelaku UKM. Berpromosi melalui social media memang menjadi sesuatu yang paling digemari dan menjadi trend terbaru di kalangan para pelaku usaha. Social media dipercaya mampu menghubungkan berbagai macam kalangan masyarakat dengan murah dan mudah, dan tidak terbatas jarak dan waktu. Itulah mengapa banyak sekali pelaku usaha yang memanfaatkan social media sebagai salah satu hal untuk mempromosikan dan bahkan menjual produk atau jasa mereka.

Kegagalan marketingTetapi apakah pemasaran yang dilakukan di social media ini benar-benar efektif dan tidak mempunyai resiko kegagalan? Tentu saja ada. Karena meskipun banyak sekali pelaku usaha yang menerapkan hal ini, tetap saja meraih sukses di social media tidak bisa semudah apa yang kita bayangkan. Sesuai dengan tujuan utamanya, social media seharusnya hanya bertujuan untuk menjaring teman dan juga untuk bersosialisasi. Karena biasanya para pengguna social media ini tidak begitu suka dengan adanya promosi. Untuk itulah, tidak sedikit para pelaku usaha yang mengalami kegagalan dalam proses ini. Nah, untuk menghindari Anda dari resiko kegagalan, Anda bisa menelaah beberapa tips berikut ini:

Kegagalan marketing bisa terjadi jika Anda menjalankan hal yang pertama, yaitu hanya sekedar ikut-ikutan tanpa mempunyai tujuan yang jelas. Bisnis di dunia maya memang sekarang sedang menjadi latah sebagian besar pelaku usaha. Mereka sebenarnya tidak mengerti apa tujuannya dan apa yang harus dilakukan dengan social media ini, karena mereka hanya ingin ikut-ikutan trend yang sedang ada di sekitarnya. Jadi, tidak heran jika banyak sekali pelaku usaha yang mempunyai akun untuk mengangkat brand usahanya tetapi aktivitas promosi yang dilakukan masih belum maksimal. Misalnya jarang update informasi produk di social media, dan lain sebagainya.

Yang kedua, menggunakan akun bisnis untuk urusan pribadi. Hal ini tentu saja menunjukkan bahwa tidak jarang para pelaku usaha masih belum siap dengan tujuan yang dimilikinya. Ketika akun usaha yang seharusnya diisi dengan hal-hal yang berhubungan dengan produk atau jasa mereka malah digunakan untuk memposting curahan hati, hal ini akan terlihat bahwa Anda tidak professional dan tidak serius dengan usaha Anda.

Kegagalan marketing juga bisa terjadi karena hal yang ketiga, yaitu masih terbiasa dengan strategi marketing secara offline. Pola pikir promosi offline yang masih mengakar pada para pelaku usaha juga akan menyulitkan perkembangan dan kesuksesan promosi secara online. Promosi online yang seringkali masih diterapkan pada promosi online adalah dengan menyebarkan brosur secara gratis. Hal ini tentu saja tidak direkomendasikan di dunia online. Karena bisa saja Anda malah di banned atau di unfriend karena konsumen merasa terganggu dengan promosi yang sering sekali disebarkan.

Keempat, belum mempunyai alamat website. Social media bisa diibaratkan sebagai sarana untuk menghubungkan para pelaku usaha dengan konsumen. Untuk itulah, Anda harus membuat website yang tujuannya adalah untuk landing page atau halaman rujukan. Website ini akan menginformasikan kredibilitas usaha Anda pada calon konsumen.

Kelima, tidak pernah mengukur hasil promosi. Sekecil apapun tingkat efektivitas yang Anda dapatkan dari kegiatan promosi, bisa membuat Anda menilai dengan benar apakah promosi yang sedang Anda lakukan itu sukses atau tidak.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS