November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Hemat Uang Belanja

By admin - Thu Jan 12, 2:06 pm

Hemat uang belanja adalah perkara simple yang rasanya sangat sulit dilakukan. Hemat uang belanja adalah kemampuan dan kemauan Anda untuk mengerem rasa gatal untuk membeli berbagai barang yang menarik. Justru keinginan yang tiba-tiba muncul inilah yang membuat Anda sering kebobolan dan menghabiskan banyak uang untuk berbelanja. Mungkin Anda sudah sering mendengar perbedaan antara keinginan dan kebutuhan dan pasti Anda juga sudah tahu cara membedakannya bukan? Tapi bagaimana cara untuk mengaplikasikannya, apakah Anda sudah berhasil?

Keinginan dan kebutuhan memang terlihat basi dan klise, tetapi itulah kunci untuk mampu mengontrol diri Anda untuk mengeluarkan lebih banyak budget untuk berbelanja. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menyelamatkan isi dompet Anda. Cara pertama adalah dengan membuat budget. Tentu hal ini rasional sekali karena Anda tidak akan bisa berbelanja sesuai budget jika Anda tidak mempunyai bidget untuk berbelanja. Sebelum Anda membuat budget belanja, lihat kembali semua tagihan utang dan rencana keuangan Anda. Gambarlah seberapa banyak pengeluaran Anda, seberapa banyak pengeluaran Anda, dan berapa banyak uang yang bisa Anda alokasikan untuk belanja. Selain membuat anggaran uang belanja, berikan juga alokasi waktu khusus untuk berbelanja. Jika Anda berbelanja dengan terburu-buru, Anda akan lebih mungkin menghabiskan banyak uang untuk membeli barang yang tidak Anda butuhkan.

Hemat uang belanja dengan cara kedua adalah tengok ‘toko sebelah’. Jadi, Anda jangan terlalu cepat memutuskan untuk membeli. Jika Anda belanja online, sebaiknya cek dulu beberapa situs web sebelum memutuskan untuk membeli. Karena terkadang ada beberapa web yang memberikan harga lebih murah dan tentu saja akan membantu Anda untuk berhemat. Selain itu, ketika sudah membuat anggaran belanja, taati anggaran tersebut agar pengelolaan keuangan Anda berjalan lancar. Karena mempertahankan anggaran adalah salah satu cara terbaik untuk tidak memboroskan uang dan menghindari utang. Dengan menjaga anggaran pengeluaran, Anda bisa mengontrol dan mengidentifikasi dimana Anda bisa memotong anggaran yang tak diperlukan di bulan depan.

Cara ketiga adalah pertimbangkan ‘peak season’. Biarkan label harga menjadi panduan Anda saat belanja. Jika Anda sedang mencari sebuah benda tertentu, tetaplah berpikiran terbuka, kreatif, dan fleksibel. Misalnya ketika Anda mencari karpet baru untuk ruang tamu, jangan terpaku pada ukuran atau gaya tertentu. Carilah benda tersebut di beberapa toko, lalu cek harganya. Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang lebih baik dan lebih terjangkau. Selain itu, pertimbangkan juga peak season saat berbelanja. Barang-barang akan menjadi lebih mahal ketika masa liburan, atau mendekati hari raya dan tahun baru. Karena itu, berpikir dulu sebelum berbelanja untuk perayaan tertentu agar Anda tidak mendapat harga yang lebih mahal.

Hemat uang belanja cara keempat adalah membedakan kebutuhan dan keinginan. Salah satu kunci untuk bisa bertahan dengan anggaran keuangan adalah mengetahui perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Sebelum membeli apapun, tanyakan pada diri Anda apakah Anda benar-benar membutuhkannya. Bisa menawar sebuah barang dengan harga murah atau mendapatkan barang diskonan tidak akan ada gunanya jika hanya berakhir di lemari dan menjadi usang.

Jadi, untuk menghemat dan menggunakan secara bijak keuangan Anda, pastikan Anda telah memilih dan memilah barang yang akan Anda beli. Jangan hanya karena gengsi kemudian tergiur untuk membeli suatu

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Hemat Uang Belanja