September 2 2014
  • 1
Jakarta, ID - 28 °CHaze - Humidity: 74%
Advertisement

Hal-Hal yang Harus Dihindari Pengusaha

By admin - Tue Aug 07, 4:19 pm

 

Pengusaha merupakan salah satu pembuat lapangan pekerjaan di sekitarnya. Pengusaha yang baik juga harus memperhatikan kesejahteraan orang banyak disamping kesejahteraan dan kesuksesannya sendiri. Karena setiap orang tentunya memimpikan kesuksesannya sendiri. Baik itu sukses dalam merintis usaha maupun sukses dalam menjalankan kehidupannya. Tetapi untuk bisa meraih kesuksesan tersebut, sebaiknya ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di samping hal-hal yang wajib dilakukan. Untuk meraih kesuksesan, tentunya harus diimbangi dengan usaha dan kerja keras dan juga melihat kisa sukses para pengusaha lain untuk bisa mencari kunci suksesnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda hindari sebagai seorang pengusaha, baik yang masih merintis atau yang sudah mapan.

pengusaha

Hal pertama yang harus dihindari adalah dengan menunda –nunda dan juga membuang peluang yang ada. Karena sejatinya seorang pengusaha tidak akan menyia-nyiakan sekecil apapun peluang yang ada. Seorang pengusaha tidak akan menunda langkahnya dan selalu mempunyai keberanian bulat untuk segera terjun dan merealisasikan peluang usaha tersebut. Istilahnya, pengusaha sejati akan selalu berani action kapanpun dan dimanapun. Untuk Anda yang masih pemula, jangan pernah takut untuk mencoba merealisasikan peluang dan terjun ke lapangan untuk memulai sebuah usaha. Jangan hanya menunggu waktu yang tepat, tetapi usahakan juga berani mencuri start dan mengambil resiko.

Pengusaha sejati juga harus menghindari hal terlarang kedua, yaitu terlalu terlena dengan kesuksesan yang sudah didapatkan. Walaupun kesuksesan merupakan tujuan utama dari sebuah usaha, tetapi jangan sampai Anda terlena dan melupakan kewajiban-kewajiban dan juga peluang-peluang yang bisa saja Anda dapatkan. Yang selama ini terjadi adalah banyak sekali pelaku usaha yang cepat merasa puas dengan apa yang sudah mereka dapatkan. Hal ini akan menyebabkan motivasi kerja mereka menurun dan focus utama sudah mulai terpecah dan terabaikan. Jika Anda ingin lebih sukses lagi daripada sekarang, jangan pernah merasa cepat puas dengan pencapaian Anda saat ini.

Hal ketiga yang harus dihindari adalah takut mencoba dan cenderung pesimis. Jika Anda takut untuk mengambil resiko, maka kesuksesan akan sulit diraih. Sebaliknya, jika Anda selalu optimis pada setiap peluang yang Anda dapatkan, maka kesuksesan akan menunggu Anda. Jangan biarkan ketakutan Anda membelenggu kreativitas dan kesuksesan Anda. Yakinlah pada diri sendiri bahwa Anda pasti mampu meraih kesuksesan.

Pengusaha sejati juga tidak boleh melakukan kesalahan ke empat, yaitu cepat menyerah dalam menghadapi kegagalan. Ketika Anda sedang merintis sebuah usaha, resiko kegagalan pasti ada. Karena resiko kegagalan ini sama seperti bumbu penyedap di setiap masakan. Ada pelaku usaha yang langsung drop ketika menghadapi resiko ini tetapi di lain pihak, banyak juga maju terus pantang mundur untuk menghadapinya. Dan untuk meraih kesuksesan yang lebih besar, Anda harus mampu berdiri setelah diterpa resiko ini. Jadikan resiko ini sebagai pendorong semangat juang Anda di dunia usaha.

Hal kelima yang tidak boleh dilakukan adalah merasa sungkan untuk bertanya dan bekerjasama. Sifat sungkan ini akan semakin menghambat kelancaran usaha Anda. Karena dengan bertanya dan bekerjasama, akan banyak sekali pembelajaran positif yang bisa Anda dapatkan. Untuk itulah, jangan terlalu menuruti rasa sungkan dan malu. Perluas networking seluas-luasnya untuk bisa mencapai kesuksesan puncak yang Anda impikan. Semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement