October 22 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Generasi Pemimpin Dalam Wirausaha

By admin - Wed May 23, 4:53 pm

Generasi pemimpin harus dikedepankan agar usaha yang dicapainya bisa maksimal. Generasi pemimpin dalam wirausaha dapat dilihat dari beberapa cirri berikut ini. Ciri pertama adalah persamaan antara usaha dan gaya hidup. Mereka percaya bahwa gaya hidup mereka adalah sama pentingnya dengan hasil keuangan. Mereka tetap bersemangat dan terfokus dalam usaha mereka karena mereka benar-benar menyukai apa yang mereka lakukan. Mereka menjaga keseimbangan dalam kehidupan dan pekerjaan dan menuai keuntungan dengan membantu orang lain. Mereka menjadi generasi para pemimpin di dunia dengan pertumbuhan jumlah pengusaha.

Generasi pemimpin

Ciri kedua adalah bersemangat mengembangkan usahanya atau kewirausahaan. Jiwa kepemimpinan seorang pengusaha bisa dilihat dengan semangatnya untuk menciptakan lapangan kerja di sekitarnya dan juga menjaring para pengusaha muda sebanyak-banyaknya. Mereka bisa mengadakan seminar-seminar di kampus-kampus, dan lain sebagainya. Mereka akan merasa lebih hidup apabila mampu membawa para pemuda untuk mengikuti jejaknya.

Generasi pemimpin juga mempunyai ciri pada gaya berbicara. Mereka biasanya akan berbicara tentang yang sesuatu yang merupakan tren yang sedang berkembang. Mereka tidak akan mengungkit-ungkit masa lalu karena mereka akan selalu mencari peluang-peluang yang tersembunyi di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Dahulu kala, sering disebut bahwa menjadi pengusaha besar memerlukan bakat atau sifat. Tetapi kemudian terbukti bahwa orang bisa melatih karakternya untuk menjadi seorang pengusaha atau pemimpin. Karakter atau sifat turunan memang sulit untuk diubah, tetapi bukan berarti tidak bisa. Karakter bisa dipelajari dan dibentuk melalui lingkungan, yaitu pendidikan, pelatihan atau keakraban lingkungan. Sikap mental mempunyai peran yang sangat penting sebagai pembentuk karakter yang tangguh. Misalnya, seseorang sudah mempunyai bakat menjadi seorang wirausahawan atau pemimpin, tetapi mempunyai kelemahan sifat boros. Karena itu, sifat sebagai wirausahawan atau pemimpin akan menjadi lemah. Dan hal ini bisa dilatih agar sifat wirausaha dan kepemimpinannya bisa lebih menonjol dan sifat borosnya bisa dikurangi.

Generasi pemimpin dalam wirausaha memang merupakan factor penting yang harus diketahui. Anda harus bisa memimpin anak buah Anda dan mengarahkan aksi mereka selanjutnya. Jika anda tidak pandai memimpin, maka anak buah Anda akan kacau balau dan bertindak seenaknya sendiri, karena menganggap Anda lemah. Jika hal ini dibiarkan, maka kelangsungan bisnis Anda patut dipertanyakan. Pengusaha yang berjiwa pemimpin selalu menerima masukan ataupun kritikan demi kemajuan bisnisnya. Sebagian orang menganggap bahwa kritikan yang ditujukan kepadanya itu adalah sebagai sebuah penghambat bagi kelangsungan usahanya. Akan tetapi bagi orang yang berfikir normal akan menjadikan kritikan atau bahkan nasehat dari orang lain itu sebagai gurunya yang membimbing dia ke arah sukses. Menerima kritikan berarti menyadari bahwa kita mempunyai kekurangan. Dengan mengetahui kekurangan yang ada pada kita maka kita bisa memperbaiki kekurangan itu. Berterimakasihlah kepada orang yang mau menegur dan mengkritik kita.

Selain itu juga harus berani mengambil resiko dan tidak larut dalam kegagalan. Jangan dikira para pebisnis yang telah mapan dan maju tidak pernah mengalami kegagalan. Bahkan mereka pun suatu waktu pernah mengalaminya. Hanya saja mereka tidak pernah putus asa dan terus berusaha sampai sukses. Orang yang takut gagal adalah orang yang pengecut yang tidak berani melakukan apapun dan kerjanya hanya menghayal saja. Selanjutnya tidak suka menunda. Seperti kata pepapatah: “Time is money!” Oleh karena janganlah suka menunda-nunda suatu pekerjaan. Lakukanlah saat ini, sekarang juga selagi ada kesempatan. Menunda suatu pekerjaan berarti adalah suatu kerugian yang akan membuat Anda menyesal.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS