November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Geliat Usaha di Bidang Otomotif

By admin - Mon Oct 22, 4:58 pm

Usaha otomotif semakin hari semakin kompetitif. Usaha otomotif untuk mobil dan motor bisa diprediksi akan terus meningkat setiap tahun. Hal ini bisa kita lihat dan buktikan pada semakin meningkatnya jumlah kendaraan bermotor yang lalu-lalang di jalan raya. Hal ini juga dibuktikan oleh tingginya angka penjualan kendaraan bermotor. Angka penjualan ini semakin meningkat pada beberapa tahun belakangan ini. Perbandingan yang signifikan bisa kita lihat dari tahun 2011 silam. Pada tahun 2011 silam, penjualan mobil mencapai angka 837.948 unit, sedangkan untuk tahun 2012 angka penjualan ini akan diperkirakan naik mencapai angka 940.000 unit. Hal seperti ini tidak hanya dialami oleh mobil saja tetapi juga angka penjualan pada sepeda motor. Pada tahun 2011 lalu, angka penjualan sepeda motor sebesar 8.043.535 unit. Nah, untuk tahun ini saja diprediksi bahwa angka penjualan sepeda motor juga akan meningkat drastic, yaitu mencapai angka 9.000.000 unit.

Usaha otomotifHal ini menjadi bukti nyata bahwa kita bisa meraih keuntungan dari roda bisnis otomotif yang ada di Indonesia. Hal ini tentu saja sangat menjanjikan keuntungan yang cukup besar bagi para pelaku usahanya. Nah, untuk Anda yang masih bingung bagaimana harus memulai bisnis ini, berikut beberapa ide bisnis yang bisa Anda usung untuk meramaikan pasar yang semakin hari semakin kompetitif.

Usaha otomotif yang pertama adalah usaha penjualan kendaraan bermotor. Ini merupakan jenis bisnis rumahan yang sangat menggiurkan. Anda bisa memilih membuka jasa penjualan untuk kendaraan motor atau mobil. Tetapi jika modal Anda masih terbatas, Anda bisa menjadi makelar atau broker, yaitu dengan menghubungkan calon konsumen dengan distributor atau produsen kendaraan bermotor. Hal ini tentu saja membutuhkan keahlian marketing yang cukup tinggi. Anda harus bisa mencari networking yang cukup luas dan terarah.

Usaha yang kedua, perawatan motor dan mobil. Hal ini sejalan dengan semakin tingginya angka kendaraan bermotor yang ada di jalanan. Karena dengan kendaraan bermotor yang semakin tinggi, maka Anda harus memasang peluang usaha yang berhubungan dengan hal itu, yaitu service atau perawatan. Karena setiap kendaraan bermotor pastinya membutuhkan perawatan yang harus dilakukan di bengkel. Nah, Anda bisa menyikapinya dengan membuka bengkel motor atau mobil, cuci mobil atau motor, salon mobil, dan jasa lainnya yang dibutuhkan oleh para pengguna kendaraan bermotor.

Usaha otomotif yang ketiga adalah usaha penjualan sparepart motor dan mobil. Karena usaha jenis ini sebenarnya tidak berpengaruh pada trend sehingga usaha jenis ini merupakan salah satu jenis usaha yang sangat menjanjikan dan menguntungkan. Resiko usaha jenis ini terbilang kecil karena nilai asetnya hanya mengalami sedikit saja perubahan dan juga harga dan permintaan barang yang dijual cenderung stabil.

Usaha yang keempat, usaha aksesoris dan juga modifikasi kendaraan bermotor. Penjualan sparepart memang sangat menguntungkan dan ternyata penjualan dan pemasangan modifikasi juga tidak kalah menguntungkan. Banyak sekali model dan jenis aksesoris modifikasi yang sangat diminati oleh konsumen. Misalnya modifikasi jok mobil, alat penghemat BBM, jasa lukis mobil dan motor, modifikasi audio mobil, velg ban, jasa pemasangan stiker (skotlet) mobil atau motor, tambahan alat bonceng anak, pembuatan box motor delivery, dan lain sebagainya.

Usaha yang kelima, usaha perlengkapan untuk para pengendara. Para pengendara kendaraan bermotor tidak hanya memperhatikan faktor kecantikan atau tampilan luar dari kendaraannya saja, tetapi mereka juga memperhatikan beberapa perlengkapan pendukung. Perlengkapan pendukung ini bisa untuk mendukung kegiatan berkendara dan dengan tujuan tertentu, misalnya sarung tangan, helm, jaket, jas sepatu (anti air), tisu helm, car pillow, jas hujan, sarung setir, dan lain sebagainya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS